TribunManado/

Marthen: Pulau Bombuyanoi Tempat Perkembangbiakan Penyu

Pulau Bombuyanoi Desa Paret Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memiliki potensi sumber daya alam melimpah.

Marthen: Pulau Bombuyanoi Tempat Perkembangbiakan Penyu
net
ilustrasi penyu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN-Pulau Bombuyanoi Desa Paret Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memiliki potensi sumber daya alam melimpah.

Ketua Persatuan Olaraga Selam Indonesia (Posi) Boltim, Marten Meruntu mengungkapkan kawasan yang juga dikenal pulau nanas tersebut merupakan tempat perkembangbiakan penyu.

"Pulau Bombuyanoi, tempat perkembangbiakan penyu. Ada dua jenis penyu di sana, ada penyu sisik yang dilindungi," bebernya kepada Tribun Manado, pada Kamis (16/2)

Dia menyayangkan fasilitas penangkaran penyu di pulau tersebut tak dimanfaatkan pemda. "Penangkaran penyu yang dibangun 2013 silam hanya terbengkalai, tak dimanfaatkan," bebernya.

Katanya tempat itu bisa menjadi pos pengawasan potensi laut di kawasan pulau Bombuyanoi.

"Di pulau itu ada ketang kenari, ada tempat perkembangbiakan bayi hiu, budidaya ikan kerapu dan goropa," ungkapnya.

Tak hanya itu, pulau Bombuyanoi pun memiliki keindahan laut, potensi rumput laut dan mangrove. Kawasan laut pulau tersebut pun cocok untuk budaya kerang mutiara.

"Kami berharap pos di pulau itu bisa dimanfaatkan untuk pengawasan lokasi tersebut. Banyak yang menangkap ikan dengan bom sehingga merusak terumbu karang," bebernya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Boltim Mat Sunardi mengungkapkan pengawasan dan pengelolaan laut telah menjadi wewenang pemerintah provinsi. Hal ini sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

"Implementasi undang-undang 23 masih tarik menarik. Kami akan bahas ini dalam rakornis terkait kelautan," jelasnya.

Katanya pemda tak memiliki lagi kewenangan atas kelautan, pesisir dan pulau kecil. Begitupun pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, pemda tak ada wewenang lagi.

"Perikanan tangkap hanya pemberdayaan nelayan kecil dan pengelolaan tempat pelelangan ikan," ungkapnya. (Ald)

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help