Ayo Ikut Lomba Pidato Bahasa Daerah di Minahasa

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa bakal menggelar lomba pidato bahasa daerah Minahasa.

Ayo Ikut Lomba Pidato Bahasa Daerah di Minahasa
NET
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID,TONDANO- Bahasa daerah jika dilestarikan lama kelamaan akan punah, menjadi alasan utama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa bakal menggelar lomba pidato bahasa daerah Minahasa.
Lomba tersebut menurut kepala Disbudpar Minahasa Agustivo Tumundo rencananya akan digelar pada Jumat 17 Februari mendatang.

Peserta yang bisa ikut dalam lomba tersebut hanya para remaja yang berusia 15-18 tahun saja."Tapi mereka adalah utusan dari tiap kecamatan, jadi kalu ada yang mau ikut silahkan ke kecamatan, dan mereka akan berikan rekomendasi untuk mendaftar di kantor Disbudpar Minahasa," jelas dia. Ia menambahkan, darimana saja bisa namun utusan dari kecamatan.

Agustivo menjelaskan, jika ada yang akan mendaftar diharapkan bisa secepatnya lantaran pendaftaran sudah dibuka dan rencana ditutup tanggal 11 Februari."Pendaftaranny gratis," jelasnya.

Peserta yang mendaftar diharapkan dapat memasukkan teks pidato dalam bahasa daerah dan terjemahaannya."Terserah bahasa daerah apa saja dari sub etnis Minahasa," jelas Tumundo.

Lokasi penyelenggaraan yang dipersiapkan pun merupakan rumah adat Minahasa yaitu Loji Tondano.
"Materi yang merek harus sampaikan tentang pesona Minahasa, budaya Minahasa, cerita rakyat Minahasa, pokoknya yang berhubungan dengan pesona Minahasa, waktu presentasi lima menit, tapi nanti ada technical meeting dan pencabutan nomor undi," jelas dia.

Hadiah yang disiapkan juga lumayan, juara satu hingga tiga diberikan piala dan uang tunai."Juara satu piala Bupati Minahasa, dua piala Wabup, dn tiga piala Sekda," ujarnya.

Lomba tersebut dipilih menjadi rangkaian kegiatan Pesona Minahasa 2017 semata untuk melestarikan bahas daerah Minahasa.

"Sebab bahasa daerah merupakan ciri khas atau jati diri dari daerah Minhasa, makanya kita harus pertahankan, supaya tidak punah," jelas dia. (amg)

 

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved