Bunga Kredit Turun Lebih Rendah dari Deposito

Bank Indonesia (BI) mencatat suku bunga deposito dan suku bunga kredit masih mengalami penurunan sepanjang Januari hingga Desember 2016.

Bunga Kredit Turun Lebih Rendah dari Deposito
net
Ilustrasi suku bunga

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANDO - Bank Indonesia (BI) mencatat suku bunga deposito dan suku bunga kredit masih mengalami penurunan sepanjang Januari hingga Desember 2016. Juda Agung, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI mengatakan, bunga deposito yang turun memberikan efek penurunan bunga kredit.

Secara rata-rata bunga deposito sudah turun 122 basis points (bps) pada Januari 2016 hingga Desember 2016. Adapun bunga kredit telah turun 79 bps pada periode Januari 2016 hingga Desember 2016. "Bunga deposito yang turun lebih besar masih akan memberikan efek pada bunga kredit yang akan turun," kata Juda, Kamis (19/1).

Momen penurunan bunga deposito dan bunga kredit masih akan berlanjut di tahun 2017, karena BI akan menjaga kecukupan likuiditas di pasar perbankan meskipun tengah terjadi kenaikan bunga deposito di akhir tahun lalu karena ada kebutuhan likuiditas.

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved