TribunManado/

Suherdy Mengakui Kesalahannya, Siap Bayar Rp 300 Ribu

Suherdy yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Bolmong menyesali perbuatannya telah melakukan pembangunan kios.

Suherdy Mengakui Kesalahannya, Siap Bayar Rp 300 Ribu
Kristianto Purnomo (KP)
Ilustrasi. 

Laporan wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Suherdy Mohamad (44) harus membayar denda Rp 300 ribu setelah Noula Pangemanan Hakim Tunggal pada persidangan Tindak Pidana Ringan (Tipiring) membacakan putusan Jumat (13/1) Pukul 15.00 wita di Ruang Sidang Lantai Dua Pengadilan Negeri Kotamobagu.

"Terdakwa terbukti bersalah dan diputuskan membayar denda Rp 300 ribu. Jika tidak membayar denda maka diganti dengan kurungan penjara selama 10 hari," ujar dia.

Suherdy yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Bolmong menyesali perbuatannya telah melakukan pembangunan kios di Jalan Adampe Dolot Kelurahan Mogolaing melanggar Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Bangunan Gedung Perwako 39 Tahun 2015 Tentang Garis Sepadan Bangunan.

"Yang bersangkutan melanggar perwako Garis Sepadan Bangunan dengan mendirikan bangunan hanya berjarak 13 meter dari garis tengah jalan raya. Sesuai perda harus 18 meter," ujar Kasi Penyidik Pol PP Bambang Dachlan.

Dihadapan hakim, Suherdy mengakui kesalahannya dan bersedia membayarkan denda Rp 300 ribu dan harus membongkar bangunan yang berdasarkan pengakuan Suherdy telah menghabiskan Rp 13 juta.

"Saya siap membayar denda, dan membongkarnya. Namun saya minta pemerintah Kota Kotamobagu harus adil. Semua bangunan yang melanggar perda harus ditindak dan pemiliknya harus disidangkan juga," ujar dia kepada Tribun Manado.

Pada persidangan yang sebelumnya dibuka pada pukul 10.00 wita dan diskors selama sekitar tiga jam dilanjutkan pada Pukul 14.00 wita dan berlangsung selama satu jam sampai Pukul 15.00 wita, hakim tunggal memeriksa tiga saksi diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Irawan Bambang Ginoga yang saat sebelumnya menjabat kepala dinas tata kota, satu staf dinas tata kota, dan satu anggota Pol PP. (

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help