Eceng Gondok Tutupi Danau Sineleyan

Pesona Danau Sineleyan di Kota Tomohon perlahan memudar. Danau itu kembali dikepung eceng gondok.

Eceng Gondok Tutupi Danau Sineleyan
TRIBUNMANADO/RYO NOOR
Telaga Sinelayan tertutup tumbuhan dan rumput liar. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Pesona Danau Sineleyan di Kota Tomohon perlahan memudar. Danau itu kembali dikepung eceng gondok.

Pantauan Tribun Manado, tanaman air itu tumbuh hampir tiga per empat danau. Bahkan di satu sisi bagian danau, terlihat seentero area sudah tertutupi.
Bagian yang masih belum tertupi eceng gondok masih bisa dimanfaatkan para pecinta olahraga pancing, yakni bagian di dekat jalan utama Tomohon di Kelurahan Talete.

Danau Sineleyan selain tempat untuk memancing, merupakan pusat sumber air bersih Tomohon. PDAM membangun fasilitas penyuplai air bersih tepat di sumber mata air danau. Sineleyan pun kerap dimanfaatkan untuk objek kunjungan wisata.

Pemkot Tomohon menata hiasan ornamen lampu Natal di tengah permukaan danau, bahkan acara pisah tahun Kota Tomohon dipusatkan di danau tersebut.
Noldy Kawengian, warga Talete ketika ditemui di tepian danau Sineleyan, mengungkapkan, penyebaran tumbuhan di permukaan danau begitu cepat.

"Seingat saya tiga minggu lalu tidak seperti ini, sudah luas sekali penyebarannya," ungkap dia.
Noldy mengatakan, memang jika tak dikendalikan eceng gondok sangat mengganggu, baik ekosistem, tapi pemandangan danau. Tapi setahunya, tiap tahun ada agenda pemerintah melakukan pembersihan permukaan danau.

"Tahun lalu saya ikut bersihkan danau," ungkapnya. Ia yakin dalam beberapa waktu ke depan akan ada pembersihan, apalagi danau ini jadi prioritas penataan wajah Kota Tomohon. "Kita tunggu saja mudah-mudahan cepat dibersihkan," ujarnya. *

STORY HIGHLIGHTS
* Pesona Danau Sineleyan di Kota Tomohon perlahan memudar. Danau itu kembali dikepung eceng gondok
* Tanaman air itu tumbuh hampir tiga per empat danau
* Danau Sineleyan selain tempat untuk memancing, merupakan pusat sumber air bersih Tomohon

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help