TribunManado/
Home »

Opini

Tajuk Tamu

Gaya Kepemimpinan yang Memberikan Dampak pada Kinerja Karyawan

Organisasi yang baik memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan–tujuan yang hendak dicapai.

Gaya Kepemimpinan yang Memberikan Dampak  pada Kinerja Karyawan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Organisasi yang baik memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan–tujuan yang hendak dicapai.

Akan lebih baik jika organisasi mengalami perbaikan dan perkembangan secara berkelanjutan. Salah  satu perbaikan yang diupayakan organisasi yakni meningkatkan atau mempertahankan keunggulannya.

Dalam persaingannya di dunia ekonomi ini, semakin ketatnya persaingan antar perusahaan dimana dituntut untuk tetap bertahan dalam persaingan tersebut dan pengaruh kepemimpinan di perusahaan masing-masing juga berbeda dan menjadi factor dalam pengaruhnya di perusahaan tersebut.

Salah satu hal yang dapat ditempuh perusahaan agar mampu bertahan dalam persaingan yang ketat yaitu dengan meningkatkan kinerja perusahaan dengan mempertahankan dan meningkatkan gaya kepemimpinan terhadap perusahaan.

Karena kinerja suatu perusahaan merupakan efisiensi yang berupa modal, material, peralatan, dan keahlian yang dapat dioptimalkan untuk mengerjakan produksi barang dan jasa pada perusahaan dan gaya kepemimpinan dari suatu perusahaan menjadi faktor pendorong dan pendukung dalam memimpin karyawan dalam meningkatkan kinerjanya.

Segala usaha dilakukan untuk mencapai tujuan di antaranya dengan menggunakan sumber daya manusia yaitu tenaga kerja yang handal dan professional dan gaya kepemmpinan dari kinerja seorang pemimpin, dimana pemimpin harus memiliki sifatnya yang ideal dan baiksehinggabisameningkatkan kinerja karyawannya.

Gaya kepemimpinan seorang pemimpin dalam organisasi sangat penting dalam kemajuan organisasi untuk maju mundurnya suatu perusahaan tergantung dari gaya kepemimpinan seorang pemimpin baik dalam proses mempengaruhi,mengarahkan dan memberikan pengaruh yang penting agar tujuan perusahaan tercapai.

Gaya kepemimpinan yang baik adalah gaya kepemimpinan yang dapat memberikan motivasi kerja pada bawahannya. Ivancevich (2001) dalam Widyatmini dan Hakim (2008: 169) mengatakan, seorang pemimpin harus menyatukanberbagai keahlian, pengalaman, kepribadian dan motivasi.

Kinerja karyawan akan baik apabila pimpinan dapat memberimotivasi yang tepat dan pimpinan memiliki gaya kepemimpinan yang dapat diterima oleh seluruh karyawan dan mendukung terciptanya suasana kerja yang baik.

Gaya kepemimpinan yang tidak efektif tidak akan memberikan pengarahan yang baik pada bawahannya terhadap usaha-usaha semua pekerjaan dalam mencapai tujuan.

Halaman
12
Editor: Rine_Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help