TribunManado/
Home »

Opini

Menabung Sambil Beramal dengan Sampah di Bank Sampah Syariah

Pada umumnya bank sampah hanyalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk membantu perekonomian warga setempat.

Menabung Sambil Beramal dengan Sampah di Bank Sampah Syariah
ISTIMEWA
Bank Sampah Irmana 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Pada umumnya bank sampah hanyalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk membantu perekonomian warga setempat.

Tetapi koni ada yang berbeda, yaitu Bank Sampah Irmana (BSI) . Ini adalah sebuah organisasi bersifat syariah yang dibentuk oleh sekelompok pemuda-pemudi Ikatan Remaja Mushola Nurul Amal yang terletak di Jl Kampung Gusti Kebon Sayur RT 009/014 Kelurahan Pejagalan Kecamatan Penjaringan. BSI sudah terbentuk sejak 28 Februari 2016.

Perbedaan BSI dengan bank sampah pada umumnya adalah bank sampah ini bersifat syariah karena selain untuk menabung, warga juga sekaligus beramal.

Dana yang diterima oleh BSI akan disimpan oleh administrasi dan dapat diambil oleh warga pada saat kegiatan BSI berlangsung yaitu setiap dua minggu sekali.

Dana yang akan diterima warga akan dikenakan biaya potongan untuk dimasukkan ke tabungan BSI. Dana tersebut juga dipergunakan untuk bantuan santunan yatim piatu, bantuan warga yang terkena musibah, renovasi musala, kosipa, dan semua yang bersifat bantuan social.

Anggota BSI terdiri dari pemuda-pemudi setempat yang berantusias untuk mendirikan bank sampah syariah tersebut. Mereka di antaranya Heri (40) selaku Ketua Umum BSI, Sukandi Mardiansyah (40) sebagai wakil ketua, dan Yuli Purwanto (40) sebagai bendahara sekagligus Ketua RT setempat.

Mereka yang mengajak pemuda-pemudi untuk berpartisipasi dalam organisasi ini selain untuk membantu meningkatkan perekonomian warga, juga memberikan kesadaran kepada warga betapa pentingnya kebersihan di lingkungan sekitar.

BSI berdampak sangat besar bagi warga dan lingkungan sekitar. Warga belajar menabung dengan sampah-sampah yang dapat di daur ulang.

Selain itu beberapa warga juga beranggapan bahwa beramal itu juga penting untuk tabungan nanti di akhirat.

Sungguh hal yang mudah bukan.

Hanya dengan sampah warga dapat menghasilkan uang sekaligus beramal untuk tabungan diakhirat nanti. Selain beramal, kebersihan juga merupakan sebagian dari iman. (Fajar Wijayanto)

Editor: Rine_Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help