TribunManado/

Penunggak Pajak Asal Gorontalo Disandera di Lapas Salemba

Penyanderaan Berdasarkan Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang diterbitkan, perusahaan tersebut mempunyai utang pajak sebesar Rp 1,4 Milyar.

Penunggak Pajak Asal Gorontalo Disandera di Lapas Salemba
NET
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Wilayah DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) bekerja sama dengan Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM serta Kepolisian RI melakukan penyanderaan (gijzeling) terhadap seorang Penanggung Pajak dari PT MAM yang terdaftar di KPP Pratama Gorontalo berinisial JK (60).

Kepala Kanwil DJP Suluttenggomalut, Dionysius Lucas Hendrawan, menjelaskan meski sesuai aturan penyanderaan dilakukan paling lama 6 (enam) bulan dan dapat diperpanjang untuk selama-lamanya enam bulan. "Namun jika utang pajak sudah dilunasi maka sandera dapat langsung dibebaskan," ungkapnya, Jumat (23/12/2016).

Penyanderaan Berdasarkan Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang diterbitkan, perusahaan tersebut mempunyai utang pajak sebesar Rp 1,4 Milyar. Penanggung Pajak saat ini dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Salemba.

Kepala KPP Pratama Gorontalo, Ahmad Tirto Nugroho menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak yang mendukung Ditjen Pajak dalam pelaksanaan penyanderaan, yaitu Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Kepolisian Republik Indonesia dan semua pihak yang terkait. "Penyanderaan ini diharapkan menjadi pelajaran bagi para penunggak pajak yang sampai hari ini belum melunasi utang pajaknya," ungkapnya.

Ditjen Pajak mengharapkan agar para Wajib Pajak yang memiliki utang pajak untuk dapat memanfaatkan program Amnesti Pajak yang akan berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang. Apabila Wajib Pajak mengikuti Amnesti Pajak, maka sesuai Pasal 11 Undang-Undang Pengampunan Pajak Nomor 11 Tahun 2016 sanksi administrasi dan pidana akan dihapuskan seluruhnya dengan cukup membayar pokok tagihan dan biaya penagihan.

Masyarakat/Wajib Pajak yang ingin mengetahui lebih lanjut dapat mengunjungi laman www.pajak.go.id/amnestipajak atau hubungi Kring Pajak 1500200 atau hotline Amnesti Pajak di 1500745 atau Kantor Pelayanan Pajak terdekat.

Penulis: Herviansyah
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help