TribunManado/

Sulut Tuan Rumah Konvensi Nasional Pastoral API, Ahok Bakal Bicara Isu Sosial di Konas API

Isu lingkungan dan sosial akan diangkat dalam pelaksanaan Konvensi Nasional Pastoral Wilayah IX API, di Manado dan Bitung, 20 sampai 23 April 2017.

Sulut Tuan Rumah Konvensi Nasional Pastoral API, Ahok Bakal Bicara Isu Sosial di Konas API
Tribun Manado
Sulut Tuan Rumah Konvensi Nasional Pastoral API, Ahok Bakal Bicara Isu Sosial di Konas API 

Laporan Wartawan Manado'>Tribun Manado, Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Isu lingkungan dan sosial akan diangkat dalam pelaksanaan Konvensi Nasional Pastoral Wilayah IX Asosiasi Pastoral Indonesia (API), di Manado dan Bitung, Sulawesi Utara, 20 sampai 23 April 2017.

Sekretaris Umum Pengurus Pusat API, John Wuisan, mengatakan, untuk isu pastoral sosial, pihaknya tengah melobi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Rev John Campbell Ph.d pengajar di Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, menjadi keynote speech.

Sementara untuk isu pastoral lingkungan oleh Dr Sonny Keraf mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup yang juga Akademisi di Unika Atma Jaya Jakarta.

"Isu pastoral lingkungan sangat penting, jangan nanti ada bencana baru menilai lingkugan. Untuk isu pastoral sosial bagaimana Ahok bisa memberdayakan dan memanusiakan orang," ujar Wuisan, Minggu (4/12/2016).

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan Konas Pastoral wilayah IX API, dijadwalkan dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Prof Dr Yohanna Yembesi MA dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado. Kemudian peserta akan menuju Kota Bitung untuk mengikuti rangkaian acara demi acara.

Kota Bitung dipilih seagai tempat pelaksanaan karena lekat dengan isu pastoral lingkungan, memiliki Taman Wisata Alam (TWA) dan Cagar Alam (CA) serta primata terkecil di dunia Tarsius.

"Hal ini sangat relevan diangkat sebagai kekayaan lingkungan," tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan 250 peserta dari nasional, dan dari lokal 500 orang sehingga total sekitar 750 orang akan mengikuti event empat tahunan ini.

Menyambut Konas, dilakukan pelantikan panitia pelaksana dalam Ibadah Minggu dipimpin oleh Pdt L Sumampouw, di GMIM Pniel wilayah Bitung VII.

Istri Gubernur Sulut Ny Rita Dondokambey Tumuntuan sebagai Ketua Panitia Pelaksana, Ketua Harian Syamas Rita Mantiri Tangkudung, dan Sekretaris Panitia Penatua Rahel Rotinsulu.

"Ibu Rita Dondokambey Tumumtuan sudah menyatakan kesediaannya dalam pelaksanaan Konas ini," tutur Rita Tangkudung.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help