Lengkong: Lindungi Hutan Indonesia

Dalam rangka hari bakti Pekerjaan Umum (PU) ke 71, dengan tema penyelamatan hutan, tanah dan air.

Lengkong: Lindungi Hutan Indonesia
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Dalam rangka hari bakti Pekerjaan Umum (PU) ke 71, dengan tema penyelamatan hutan, tanah dan air.

Pemerintah Republik Indonesia mengadakan penanaman pohon serentak di 34 Provinsi di Indonesia di Ring Road Manado-Bitung, rabu (30/11) kemarin.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di hari yang sama juga mengadakan penanaman pohon serentak diwakili beberapa Kabupaten di Sulut yang dilaksanakan langsung di jalan ring road Manado-Bitung.

Pada acara yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Basuki Hadimuldjono, yang diwakili Sekretaris Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR, Dr.Dadang Rukmana, dengan pujian syukur hari ini bisa hadir bersama dalam rangka penanaman pohon, dengan tema penyelamatan hutan,tanah dan air, yang dilaksanakan serentak di 34 Provinsi.

Indonesia memiliki potensi air yang besar dan potensi air terbesar ada di pulau kalimantan dan yang terendah ada di Nusa tenggara, potensi air bisa dimanfaatkan oleh berbagai kebutuhan.

"Air sangat dibutuhkan, seringkali di musim kemarau masyarakat mengalami kekeringan air, namun sebaliknya, di musim penghujan Banjir terjadi dimana-mana. Itu sebabnya mari kita menjaga kelestarian alam kita, perbanyaklah menanam pohon, juga tanah akan kuat dan air tidak akan susah lagi terlebih banjir tidak akan dirasakan," jelasnya.

Dalam acara tersebut Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam hal ini Bupati Vonnie Anneke Panambunan yang di wakili Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong menghadiri acara penanaman pohon.

Lengkong mengatakan Sangat bersyukur melihat jalan interchange Manado Minut Bitung sudah hampir selesai, juga dalam hal ini diikuti juga dengan penanaman pohon yang juga menjadi program Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo bahwa di bulan ini adalah bulan menanam pohon sebanyak mungkin.

"Pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, juga berpengaruh untuk menjaga infrastruktur yang ada di tempat ini. Pohon jugakan menambah oksigen pada manusia. Jadi intinya mari sama-sama kita memperbanyak menanam pohon," kata Lengkong.

Ditempat terpisah, Fiky Edwin Pungus, kader Gerindra juga menambahkan, Pemerintah Minut bersama masyarakat sudah banyak melakukan hal yang terbaik dalam membangun daerah.

Khususnya dalam hal penanaman pohon secara mapalus. "Mari kita menjaga dan melestarikan hutan lindung serta pohon-pohon yang sudah ditanam demi mencegah erosi dan tanah longsor," kata dia.(fer)

Ikuti kami di
Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help