Diawasi CCTV, Siswa SMPN 1 tak Bertingkah Lagi

Kepala SMP Negeri 1 Bitung, Rextutita Ramoh, kini bisa duduk tenang. Seluruh aktivitas di sekolah tersebut bisa dipantaunya.

Diawasi CCTV, Siswa SMPN 1 tak Bertingkah Lagi
Shutterstock
Tentukan lokasi pemasangan CCTV berdasarkan jarak pandang yang hendak diawasi (apakah dekat atau jauh). Kamera ini juga bisa untuk digunakan pada kondisi gelap atau terang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Kepala SMP Negeri 1 Bitung, Rextutita Ramoh, kini bisa duduk tenang. Seluruh aktivitas di sekolah tersebut bisa dipantaunya lewat tiga layar LCD berukuran besar yang terpasang di ruangannya.

Seluruh ruangan serta halaman sekolah bisa dijangkau CCTV yang terlihat lewat tiga layar LCT tersebut. "Total ada 48 tempat yang dipasangi CCTV, 37 di antaranya adalah ruangan kelas," kata dia, Rabu (30/11).

Dia juga bisa tersenyum di tengah beban kerjanya yang berat kala melihat adegan lucu para siswanya lewat LCD tersebut.

Para siswa itu sejenak lupa jika sedang terpantau dan bertingkah, lalu tiba-tiba sadar sedang dalam radar sang Kepsek. "Mereka menatap CCTV dengan mereka seperti orang minta maaf," kata dia.

Sebelumnya, Ramoh mengaku agak kerepotan mengurus siswa. Pernah, kata dia, tamu kehilangan kaca spion sepeda motornya.

Ia menduga pelakunya siswa, namun hal itu tak bisa dibuktikan. "Belum lagi pencurian dalam kelas sangat marak waktu itu," ujar dia. Ramoh menyatakan, para siswa 'tak berkutik' sejak adanya CCTV.

Tindak kenakalan berkurang drastis,
gairah belajar pun meningkat. "Semua tahu gerak-gerik mereka diawasi, hingga mereka kini tidak lagi bertingkah," ujarnya.

Ramoh bercerita, pernah seorang siswa ketahuan mencuri ponsel temannya di kelas. Awalnya siswa tersebut coba berkelit. "Namun pada akhirnya ia tak bisa membantah, ada bukti rekaman CCTV-nya," ujarnya.

Ungkap Ramoh, aplikasi CCTV tersebut juga memungkinkan dirinya berinteraksi dengan orangtua lewat ponsel.

Disebutnya, ada aplikasi CCTV yang bisa diakses dengan ponsel. "Jadi saya berhubungan
langsung dengan orangtua lewat ponsel, bisa konsultasi atau memberitahukan jika ada rapat," kata dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Lodie_Tombeg
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help