Renungan Minggu

Renungan Minggu: Dialah Raja Damai

Seorang raja pasti memiliki sebuah tahta, kekuasaan, dihormati, ditakuti, mempunyai wilayah kekuasaan, mempunyai prajurit dan lain-lain.

Renungan Minggu: Dialah Raja Damai
net
Ilustrasi 

Pastor Alex Tamagendar
Paroki Hati Tersuci Maria Katedral Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID - APA yang kita pikirkan jika berbicara tentang raja atau kerajaan?

Seorang raja pasti memiliki sebuah tahta, kekuasaan, dihormati, ditakuti, mempunyai wilayah kekuasaan, mempunyai prajurit dan lain-lain.

Hari ini kita merayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, yang sekaligus adalah puncak dari Tahun Liturgi C (satu dari sistem tahunan Gereja Katolik di mana Kitab Suci dan tradisi direnungkan secara sistematis).

Kristus Raja Semesta Alam, tidak seperti raja-raja dunia yang memiliki tahta dan kekuasaan.

Kedudukan Yesus sebagai Raja seperti diceritakan dalam Injil Lukas memberi kesempatan kepada kita untuk menyingkirkan pandangan atau pengertian kita tentang raja-raja atau kerajaan-kerajaan yang kita miliki serta menemukan pengertian atau makna kedudukan Yesus Kristus sebagai seorang raja sejati, yang berbeda dengan raja-raja atau pemimpin-pemimpin duniawi.

Di dalam Injilnya, Santo Lukas menceritakan bahwa satu dari dua orang penjahat yang disalibkan bersama Yesus tetap keras kepala, sementara rekannya bertobat.

Si penjahat tersebut malah menghujat Yesus, "Bukankah Engkau Mesias? Selamatkanlah Diri-Mu sendiri dan kami".

Penjahat satunya, yang kemudian dalam tradisi dikenal sebagai Santo Dismas, menegur temannya dan iapun memohon kepada Yesus, "Yesus ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai raja". Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus".

Keutamaan si penjahat yang bertobat adalah percaya, menyesal, mewartakan, menyerahkan dirinya dan mengakui Yesus adalah Raja.

Halaman
1234
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help