Ketum GMKI, KNPI Manado, GMNI dan HMI Sepakat Bentuk Relawan P4

- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kota Manado menggelar Konsolidasi Pemuda Dan Mahasiswa Pelopor Pluralisme, Sabtu (12/11)

Ketum GMKI, KNPI Manado, GMNI dan HMI Sepakat Bentuk Relawan P4
NIELTON DURADO

Laporan Wartawan Tribun Manado Nielton Durado

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Manado menggelar Konsolidasi Pemuda Dan Mahasiswa Pelopor Pluralisme, Sabtu (12/11) di ruang rapat redaksi Tribun Manado.

Kegiatan yang menghadirkan ketua umum pengurus Pusat GMKI Sahat. M. P. Sinurat, dan Komisioner Kejaksaan RI Barita Simanjuntak sebagai pembicara ini, turut dihadiri oleh puluhan perwakilan mahasiswa dan organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah KNPI.

Dalam kegiatan ini para cendikiawan muda ini membahas tentang pluralisme yang sudah semakin merosot akibat berbagai gejolak yang terjadi saat ini.

Pluralitas Bisa Jadi Kekuatan Bangsa, asalkan toleransi semakin diperkuat," jelas Barita Simanjuntak ketika membawakan materi.

Barita menambahkan dalam bingkai NKRI saat ini pluralitas merupakan sebuah kata yang bisa mempersatukan.

"Mungkin saat ini pluralitas kita sebagai bangsa Indonesia sedang diuji, namun itulah dinamika. Jika kita ingin bertahan maka dinamika ini harus dilewati. Caranya adalah dengan melakukan konsolidasi seperti yang dibuat KNPI Manado hari ini," ujar dia.

Senada dengan Barita, Ketua Umum GMKI Sahat. M. P. Sinurat menghimbau agar gejolak yang terjadi di Jakarta jangan sampai mempengaruhi rasa kesatuan yang ada di daerah.

"Saya percaya bahwa Manado punya persatuan yang hebat, untuk itu biarkan saja dinamika Jakarta berjalan dengan sendirinya, jangan sampai demo yang terjadi disana malah akan menjadi momentum bagi sebagian orang yang ingin Indonesia tercerai berai. Untuk itu kegiatan sepeti saya pikir sangatlah baik, dan ini patut di pertahankan," paparnya.

Diakhir acara para pemuda ini bersepakat untuk menandatangani Deklarasi Relawan Pemuda Patriot Pelopor Pluralisme (P4) yang diwakilkan oleh 3 Utusan OKP, masing-masing Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI).

Ketua KNPI Manado Erik Kawatu sangat berterima kasih pada semua organisasi dan mahasiswa yang sudah ambil bagian dalam konsolidasi ini.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada Tribun Manado yang sudah menerima kami melakukan diskusi ditempat ini, selain itu saya juga berharap Deklarasi Relawan P4 ini bisa lebih memperkuat pluralisme yang ada di Manado," tandas dia. (nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved