Pertumbuhan Ekonomi Sulut 6,01 Persen Jauh di Atas Angka Nasional

Perekonomian Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan III tahun 2016 tumbuh di atas angka nasional.

Pertumbuhan Ekonomi Sulut 6,01 Persen Jauh di Atas Angka Nasional
okezone.com
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Perekonomian Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan III tahun 2016 tumbuh di atas angka nasional. Pada triwulan III 2016 pertumbuhan ekonomi (PE) Sulut sebesar 6,01 persen. "Angka tersrbut masih diatas nasional yang berjumlah 5,02 persen," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Moh Edy Mahmud, Senin (7/11).

Mahmud menambahkan pertumbuhan terjadi pada seluruh lapangan usaha. Lapangan usaha pengadaan listrik, gas, dan produksi es merupakan lapangan usaha yang memiliki pertumbuhan tertinggi sebesar 27,07 persen, diikuti penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 17,80 persen dan jasa keuangan dan asuransi 14,82 persen.

Pertumbuhan lapangan usaha pengadaan listrik, gas, dan produksi es disebabkan karena meningkatnya produksi listrik akibat aktivitas kapal pembangkit listrik sebesar 120 MW di Minahasa Selatan yang mulai efektif beroperasi akhir tahun 2015. S

Sedangkan tingginya pertumbuhan kategori lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum terpantau dari tingginya tingkat hunian hotel yang merupakan dampak dari melonjaknya kunjungan wisatawan Tiongkok pada triwulan 3 tahun ini dibanding tahun sebelumnya disamping juga cukup intensnya event berskala nasional dan internasional yang digelar di Manado.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Peter Jacobs menjelaskan, PE Sulut tahun 2016 diperkirakan berkisar antara 6,4 sampai dengan 6,8 persen. Katanya, penggerak perekonomian Sulut di tahun depan masih relatif sama dengan 2015, yaitu Perdagangan, Hotel dan Restoran (PHR)

"Geliat sektor pariwisata yang saat ini sedang digenjot pemerintah, pengaruhnya untuk 2016 diperkirakan mulai terasa namun demikian masih relatif kecil," ujar Jacobs.(erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved