Mengigau Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ketimbang wanita dewasa, pria dan anak-anak dinilai lebih mungkin mengalami “ngelindur” seperti mengigau saat tidur.

Mengigau Saat Tidur? Ini Penyebabnya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Ketimbang wanita dewasa, pria dan anak-anak dinilai lebih mungkin mengalami “ngelindur” seperti mengigau saat tidur.

Berbicara saat tidur kadang memalukan dan bahkan mengganggu pasangan yang sedang tertidur. Walau begitu, kebanyakan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang melakukannya.

"Walau tidak ada penyebab pasti mengapa seseorang kerap mengigau saat tidur, namun kondisi seperti stres, kurang tidur, demam, atau konsumsi alkohol dapat memicu ocehan saat tidur, "kata Dr Shelby Harris, Psy.D, direktur kedokteran perilaku tidur di Montefiore Medical Center.

“Kata-kata yang keluar dapat berhubungan dengan peristiwa masa lalu atau pengalaman, tetapi paling sering tidak punya arti sama sekali.”

Kabar baiknya, penelitian menunjukkan bahwa berbicara saat tidur tidak berbahaya bagi kesehatan dan dapat ditangani.

Harris mengatakan, kondisi ini umumnya berlangsung singkat dan akan berlalu. Namun, bila Anda kerap mengigau kala tidur dan mengganggu pasangan, Anda bisa mencoba untuk menerapkan gaya hidup lebih sehat.

Pastikan Anda cukup tidur setiap harinya, kurangi stres dengan cara berbagi dengan pasangan atau lakukan kegiatan yang Anda sukai. Kurangi pula makanan berlemak sebelum tidur yang dapat mengganggu kualitas tidur, termasuk alkohol.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help