TribunManado/

Kalah Tipis dari Tim Tuan Rumah di Putaran Perempat Final, Perbasi Sulut Ukir Sejarah

Pengurus Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengukir sejarah baru untuk bola basket Nyiur Melambai.

Kalah Tipis dari Tim Tuan Rumah di Putaran Perempat Final, Perbasi Sulut Ukir Sejarah
ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Manado Alexander Pattyranie dari Arena PON XIX Jawa Barat

TRIBUNMANADO.CO.ID, BANDUNG - Pengurus Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengukir sejarah baru untuk bola basket Nyiur Melambai.

Meski kandas di putaran delapan besar, Tim Putra Basket Sulut kalah tipis dengan skor akhir 72-60 dari tim tuan rumah Jawa Barat (Jabar) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jabar, Senin (26/9).

Tim Basket Putra Sulut nyaris mengimbangi permainan tim tuan rumah, padahal Sulut kalah dari banyak aspek dibanding para pebasket Jabar.

Dari statistik pertandingan, quarter pertama berakhir dengan skor 10-19, quarter kedua berakhir tipis 25-31, quarter ketiga berakhir 41-53, sedangkan quarter keempat berakhir dengan skor 60-72.

"Kendala kami hanya pada finishing, semoga Sulut ke depan boleh jadi juara," ujar Andre Rorimpandey, satu di antara atlet basket Sulut.

Menurut Pelatih Tim Putra Sulut Herry Tumuwo, para anak asuhnya lambat pada transisi permainan.

"Karena Jabar tipe cepat, anak-anak lupa balik bertahan, dan mungkin hari ini puncak kelelalahan anak-anak karena pertandingan sangat ketat," ujar dia.

Ia sangat yakin materi pemainnya berimbang dengan tim lawan.

"Mungkin kita tim satu-satunya yang atletnya asli Sulut dan ini jadi evaluasi mudah-mudahan jadi batu loncatan ke depan," sambung Herry.

Ia menambahkan, sebanyak empat atlet basket Sulut yang masih bisa dibawa ke PON XX Papua 2020 mendatang, antara lain Gabriel Senduk, Juan Sondakh, Claudio Sepang, dan Dion Tangkudung.

Herry berharap Sulut bisa mendukung para anak-anak asuhnya.

"Hasil ini seharusnya jadi evaluasi bagi Perbasi Sulut misalnya menggelar banyak kompetisi dan pembinaan atlet serta wasit," imbau Sesepuh Basket Sulut Teddy Wongkaren.

Penulis: Alexander_Pattyranie
Editor: Susanto_Amisan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help