Telkom Witel Sumago Kucur Rp 1, 6 M Dana Kemitraan untuk 29 Pelaku UMKM

Telkom Sumago mengucurkan Rp 1, 60 miliar 'pinjaman lunak' tersebut kepada 29 mitra binaan.

Telkom Witel Sumago Kucur Rp 1, 6 M Dana Kemitraan untuk 29 Pelaku UMKM
Istimewa
PKBL - Telkom kembali mengucur dana PKBL bagi puluhan UMKM binaan. Penyaluran dana periode ketiga tahun 2016 dilaksanakan Senin (26/9). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PT Telkom (Persero) Wilayah Telekomunikasi Sulut Maluku dan Gorontalo (Sumago) kembali menyalurkan dana Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) untuk puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Telkom Sumago mengucurkan Rp 1, 60 miliar 'pinjaman lunak' tersebut kepada 29 mitra binaan. Penyerahan dana dilakukan simbolis bersamaan dengan penandatanganan kerja sama sekaligus pembekalan bagi mitra binaan di kantor Telkom Witel Sumago, Manado, Senin (26/9).

GM Telkom Sumago, Aristo Pangaribuan melalui Asman Community Development Center Saurina Yusuf mengatakan, jenis usaha yang digeluti penerima beragam. Mulai dari pemilik rumah makan, kerajinan, agen pulsa, pedagang kelontong, katering dan lain-lain.

Dana PKBL ini diberikan Telkom dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM di daerah ini. PKBL ini bersifat dana bergulir dengan skema bunga ringan, 0,5 % per bulan (6% setahun) dan berlaku bunga menurun di tahun kedua.

"Kami harap penerima memenuhi kewajibannya menyicil dana sehingga manfaat PKBL ini bisa diberikan kepada pemohon yang lain," ujar Saurina.

Telkom berharap, penerima bantuan bisa mengelola dana sebaik-baiknya dan dimanfaatkan untuk peningkatan skala usaha. "Tujuan akhirnya bagaimana menumbuhkan pelaku UMKM sehingga membawa kesejahteraan," tukasnya.

PKBL Telkom dilakukan setiap tahun dan penyalurannya berkala setiap tiga bulan sekali. Hingga September 2016, Telkom Sumago sudah menyalurkan sedikitnya Rp 3, 7 miliar dana PKBL bagi 73 mitra binaan. "Jumlah bantuan bervariasi, Rp 20 juta hingga Rp 75 juta. Tergantung proposal usulan dan analisis usaha," tukasnya.

Rommy Eta, satu diantara penerima PKBL berterima kasih atas kepedulian Telkom terhadap pengusaha kecil. Bantuan itu sangat membantu pelaku UMKM yang kerap kesulitan mengakses permodalan dari bank. "Dana bergulir ini sangat membantu karena mudah, bunganya ringan," ujar Eta, pemilik rumah kopi di Pasar Segar Paal Dua ini.(ndo/rls)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved