Tribun Manado Travel

Nostalgia Menyeruput Kopi di Hok Lae

Bagi pecinta kopi di Sulawesi Utara, mungkin masih mengenal rasa nikmat racikan kopi Rumah Kopi Hok Lae di Tomohon.

Nostalgia Menyeruput Kopi di Hok Lae
TRIBUNMANADO/ANDREAS RUAUW
Rumah kopi Hok Lae 

Laporan wartawan Tribun Manado Herviansyah

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bagi  pecinta kopi di Sulawesi Utara, mungkin masih mengenal rasa nikmat racikan kopi Rumah Kopi Hok Lae di Tomohon.

Perpaduan kopi robusta dan susunya begitu pas.

Seiring perjalan waktu, setelah berpuluh tahun buka, rumah kopi yang sudah ada sejak 1940 itu terpaksa harus ditutup. Banyak pengunjung kecewa, namun masih memendam rasa kangen.

Kini cucu dari pemilik rupa kopi itu ingin membuka kembali kenangan indah para pelanggan penikmat kopi saat di Kota Bunga. Rumah Kopi hadir kembali, tapi di Manado.

Duduk di bangku dengan meja kecil, ditemani secangkir kopi dan aneka pengananan, memori menyeruput kopi nikmat terasa terulang.

"Setelah berpuluh-puluh tahun tutup, akhirnya kami membuka kembali Rumah Kopi Hok Lae," ujar Caesaria Febronia Rampengan saat di Rumah Kopi Hok Lae yang terletak di Jalan Sudirman, Manado.

Kehadiran rumah kopi ini tak lepas dari memori kelam banjir bandang 2014. Setelah peristiwa itu ia bersama suami, Reza Sofian, meniti bisnis rumah kopi yang pernah menjadi warisan keluarga.

Pertama kali hadir, ibu dari Lionel Wisey Sofian dan Michelly Selena Sofian ini menyediakannya secara gratis kepada siapa saja yang datang untuk mengetahui rasa kopi yang disajikan.

"Masukan dari pengunjung menjadi sangat berharga untuk menghasilkan racikan kopi yang benar-benar nikmat," ungkapnya.
Akhirnya dia bersama suami berhasil menemukan racikan yang tepat untuk menghasilkan kopi yang nikmat. Biji kopi yang dibelinya kemudian disangrai sendiri dengan peralatan yang dibelinya. Kopi yang dihasilkannya pun berbeda dengan yang lain.

Tak heran, meskipun baru dibuka pada Januari 2016, pelanggannya sudah cukup banyak. Apalagi yang sudah berumur pasti mengetahui rumah kopi Hok Lae yang sebelumnya ada di Tomohon.

Rumah kopi yang terletak di Jalan Sudirman Nomor 32 Manado buka mulai pukul 06.00 pagi. Harga secangkir kopi susu sangat terjangkau, hanya Rp 8.000. Sedangkan kopi hitam Rp 6.000. Tersedia pula teh manis Rp 5.000.

Untuk menemani minum kopi terdapat pula bermacam kue lezat yang bisa dipilih seperti roti panggang, serta kue basah lainnya dengan harga yang terjangkau.

Penulis: Herviansyah
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help