Tribun Manado Travel

Menikmati Kolam Alami di Tepi Pantai TWA Batu Angus

Pesona wisata pantai di Kota Bitung tak perlu diragukan lagi.

Menikmati Kolam Alami di Tepi Pantai TWA Batu Angus
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Taman Wisata Alam Batu Angus 

Laporan wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Pesona wisata pantai di Kota Bitung tak perlu diragukan lagi. Keindahan dan keunikan yang ditopang dengan akses yang terjangkau menjadikan sejumlah pantai sering dikunjungi para traveller baik dalam maupun luar Kota Bitung. Satu di antara lokasi favorit di Bitung yakni pantai Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus.

batu angus
Disebut 'batu angus' karena mayoritas batu alamnya hitam seperti hangus. Bebatuan itu dipercaya bersumber dari letusan gunung. Dan memang, di dekat Bitung ada Gunung Duasudara dan Gunung Klabat.

batu angus
Batu-batu itu terhampar mengelilingi kolam luas, yakni air laut yang begitu jernih. "Mirip seperti kolam di tepian pantai," tutur Joudi David, seorang pengunjung.

Pantai TWA Batu Angus terletak di Kelurahan Kasawari, Kecamatan Aertembaga, Bitung. Lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan maupun menggunakan perahu. Dari pusat Kota Bitung, pengunjung belum bisa langsung melihat keindahan pantai TWA Batu Angus karena harus mengitari perjalanan darat membelah ilalang sejauh sekitar 1 kilometer.

batu angus
"Nah, meski jarak tempuhnya lumayan jauh, tak terasa karena hamparan ilalang sangat memesona untuk diabadikan. Terlihat indah ketika diterpa angin sehingga bergerak ke kiri dan kanan," urainya.

Lanjut Epid, sapaannya, dirinya sudah menjadwalkan setiap dua kali dalam sebulan mengunjungi pantai akses jalan menuju pantai TWA Batu Angus yang melewati ilalang.

"Hijaunya ilalang dan warna putih di bagian atasnya terhampar luas sepanjang mata memandang sebelum kita tiba di pantai, sungguh indah karunia ciptaan Tuhan," sanjungnya.

batu angus
Ronald Olo, penggunjung lainnya, menilai pantai Batu Angus memiliki keunikan tersendiri, karena selain bisa menikmati keindahan pantai juga bisa menikmati keindahan bawah laut.

batu angus
"Kalau kita menyelam di bawah jam 10.00 airnya sangat jerih, terumbu karang di kedalaman lima sampai 10 meter bisa kita lihat dari atas permukaan," ujar Ronald.

Pemandangan ke arah pantai serta pesisir pantai yang luas bisa juga digunakan untuk lokasi kemping atau kegiatan-kegiatan perkemahan. "Setiap datang dengan rekan-rekan di pantai Batu Angus kami tak pernah melewati untuk snorkeling," tandasnya.

batu angus
Fransisca Suadnya, traveller asal Girian, mengaku sangat menyukai spot dari atas tebing. Ia bisa melihat bebatuan, kejernihan air sampai dasar laut, dan latar pemandangan Pulau Lembeh dan Selat Lembeh.

batu angus
"Pantai ini merupakan satu di antara potensi wisata bahari di Bitung yang perlu dikembangkan terus-menerus oleh pemerintah serta dukungan dari semua pihak agar tetap terjaga dan tidak dirusak oleh tangan jahil yang tidak cinta lingkungan dan keindahan alam," tutur Fransisca. (tribun manado/christianwayongkere)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help