TribunManado/

GNV Basketball Jadi Ajang Adu Kuat Tim Sulut-Papua

"Aturan basket itu statis, tapi permainannya dinamis," kata Budi Marfan, wasit Internasional Basketball Federation.

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - "Aturan basket itu statis, tapi permainannya dinamis," kata Budi Marfan, satu di antara 11 wasit Internasional Basketball Federation atau Federasi Internasional Basket di hadapan peserta penataran wasit Basket Lisensi C se-Sulut di ruang Multimedia SMPN 2 Bitung, Jumat (19/8).

Kepada Tribun Manado, Octavianus Sanda, Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Perbasi Kota Bitung, mengatakan, pelaksanaan penataran untuk penyegaran dan wasit baru. Ini merupakan program kerja tahunan organisasi yang diketuai Danny Kosasi selaku Ketua Pengurus Pusat (PP) Perbasi Indonesia.

"Jadi selain program pembinaan pemain juga dilakukan pembinaan untuk wasit dan penyegaran wasit yang sudah berlisensi dan mencari bibit wasit baru yang elum memiliki lisensi basket di Kota Bitung," urainya.

Adapun peserta dari Kota Bitung sejumlah 10 orang dan Kabupaten Minut serta Kota Manado. Lanjut Ota, sapaannya, pelaksanaan penataran berlangsung mulai 19 sampai 21 Agustus 2016 ikut disponsori oleh SMPN 2 Bitung dan Wali Kota Max Lomban, Wakil Wali Kota Maurits Mantiri serta Dinas Pemuda dan Olahraga.

"Selain program penataran wasit, kami juga akan menerima safari kunjungan ke daerah dari Danny Kosasi pada hari Minggu sampai Selasa pekan depan," kata dia.

Budi Marfan, wasit FIBA yang ditugaskan PP Perbasi untuk menatar wasit di Sulut ini, mengatakan untuk wasit harus memiliki berbagai sikap dan sifat dalam memimpin setiap pertandingan.

"Wasit harus fokus, konsentrasi tak sekadar pegang dan tiup pluit di lapangan," kata Budi yang sudah malang melintang memimpin pertandingan basket ini.

Dalam penataran hari pertama, Budi berpesan kepada pada wasit dan calon wasit untuk jeli, tenang, fokus dan detail dalam memimpin pertandingan. "Jadi wasit harus pintar," tukasnya.

Sabtu hari ini, bakal bergulir GNV Basketball open tournament antarklub se-Sulut dan Papua di Lapangan Basket SMPN 2 Bitung. "Jadi dalam pertandingan GNV Basketball diikuti oleh satu tim dari Papua yaitu Kings City," kata Gena Tuange, Panitia Pelaksana.

Selain pertandingan antarklub, akan digelar kategori junior putra dan putra memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. "Untuk pertandingan pembukaan akan dihibur dengan penampilan dari Mariyos Band," ujar dia. *

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help