TribunManado/

Sudah Sewindu Dibangun, RS Datoe Binangkang Lolak Belum Siap Ditempati

"Fasilitas kesehatan RS Lolak belum memadai makanya belum bisa pindah," ujar Sahara, Senin (15/8/2016).

Sudah Sewindu Dibangun, RS Datoe Binangkang Lolak Belum Siap Ditempati
TRIBUNMANADO/MAICKEL KARUNDENG
Pembangunan rumah sakit umum Datoe Binangkang di Lolak II masih dalam tahap penyelesaian_terlihat juga beberapa bangunan masih sementara dibangun. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Sudah sewindu pembangunan Rumah Sakit Datoe Binangkang di Desa Lolak II, Lolak, berlangsung, namun hingga kini belum bisa ditempati.

Direktur RS Datoe Binangkang dr Sahara Albugis mengatakan, rumah sakit di Lolak II hingga saat ini belum siap ditempati untuk pelayanan umum.

"Fasilitas kesehatan RS Lolak belum memadai makanya belum bisa pindah," ujar Sahara, Senin (15/8/2016).

Satu di antara permasalanya, lanjut dia, adalah akses jalan menuju rumah sakit.

"Jalan masuk di rumah sakit belum dibuat dan fasilitas penghubung sedang dikerjakan. Kita tinggal menunggu pembangunan tersebut barulah rumah sakit digunakan," dia memabahkan.

Sahara mengatakan, pihaknya masih menghitung total anggaran yang dibutuhkan dan akan diusulkan pada APBD Perubahan. Awal tahun 2017 direncanakan baru bisa pindah dari Kotamobagu ke Lolak.

"Jika semua fasilitas telah terpenuhi, maka semua pegawai dan peralatan siap pindah," kata Sahara.

Wakil Ketua DPRD Bolmong Abdul Kadir Mangkat meminta manajemen RS Datoe Binangkang menghitung menghitung kebutuhan anggaran.

"Jika butuh tambahan anggaran segera siapkan apa-apa saja yang masih diperlukan agar bisa dibahas dalam APBD Perubahan," katanya.

Mangkat menambahkan, "Pastinya dewan mendukung proses penyelesaian rumah sakit umum agar beroperasi di Ibu Kota Kabupaten Bolmong."

Jefry Tumelap, anggota DPRD Bolmong, menambahkan rumah sakit yang berada di Lolak harus segera difungsikan. Masyarakat di sekitaran ibu kota membutuhkan rumah sakit, sebab belum ada rumah sakit baru sebatas Puskesmas.

"Jika memang membutuhkan tambahan anggaran bisa dibahas bersama dewan demi kepentingan masyarakat Bolmong," ucapnya.

Awal 2017 nanti, rumah sakit daerah yang terletak di antara kantor Bupati Bolmong dan Rumah Jabatan Bupati akan segera digunakan. Rumah sakit yang berdiri di atas tanah seluas 20.000 meter persegi, telah memenuhi syarat untuk beroperasi. (maickelkarundeng)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Edi_Sukasah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help