TribunManado/

Tak Mau Buta? Berhentilah Merokok

Tapi tahukah kamu bahwa merokok juga menjadi satu di antara penyebab utama kehilangan penglihatan.

Tak Mau Buta? Berhentilah Merokok
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi merokok. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Merokok adalah akar penyebab sejumlah penyakit. Kita sudah mengetahui banyak bahaya dari merokok seperti kanker, jatung, diabetes, impotensi, gagal janin.

Tapi tahukah kamu bahwa merokok juga menjadi satu di antara penyebab utama kehilangan penglihatan.

Dikutip dari laman Boldsky, Senin (25/7) yang ditulis oleh Dr. K. BHUJANG SHETTY Masters’ degree in Ophthalmology from the Regional Institute of Ophthalmology, Minto Eye Hospital. Dr. Bhujang is the Founder Chairman and Managing Director of Narayana Nethralaya Eye Hospital, Bangalore, berikut ini adalah alasan berhenti merokok dan selamatkan penglihatan anda.

Katarak: Jika kamu seorang perokok, maka kamu dua kali lipat memiliki kemungkinan mendapatkan katarak yang jika tidak diobati dnegan serius bisa menyebabkan kebutaan.

Degenarsi makula: ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan bintik-bintik buta baru dan itu sangat merusak penglihatan sentral. Merokok meningkatkan risiko degenarsi makula terkait usia tiga kali lipat dan bahkan bisa membuat kondisi makin parah.

Uveitis: ini adalah penyakit mata yang sangat serius yang terjadi ketika ada peradangan di lapisan tengah mata. Ada banyak bukti yang membuktikan bahwa perokok lebih rentan menderita penyakit ini dibandingkan mereka yang tak merokok.

Retinopati diabetik: dalam kondisi ini pembuluh darah retina yang rusak berat dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang parah jika tidak diobati. Di sini sekali lagi, perokok hampir dua kali lipat berisiko timbul penyakit ini.

Glaukoma: jika anda seorang perokok, maka suatu keharusan bagi anda untuk mengetahui bawa anda berpotnesi menderita sakit ini cepat atau lambat.

Sindrom mata kering: air mata pentung untuk menjaga mata terlumasi. Mereka sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Asap tembakau mengiritasi mata dan dapat memperburuk mata kering ke tingkat yang lebih besar. Anda akan mengalami rasa gatal, kemerahan, dan ketidaknyamanan di mata. Perokok pasif juga bisa terkena, terutama jika mereka memakai lensa kontak.

Penyakit mata pada bayi: jika seorang wanita hamil merokok, dia mengirimkan semua racun yang berbahaya bagi bayinya melalui plasenta. Strabismus adalah satu gangguan mata pada bayi karena ibunya merokok. (boldksy)

Penulis: Rine_Araro
Editor: Rine_Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help