Agar Solar Cell Berfungsi Baik, Petugas Distakot Pangkas Cabang Pohon

Pembersihan cabang pohon tersebut dilakukan untuk membuat solar cell pada lampu lalu lintas di simpang Empat, agar bisa menerima sinar matahari.

Agar Solar Cell Berfungsi Baik, Petugas Distakot Pangkas Cabang Pohon
tribunnews
Ilustrasi petugas sedang memangkas dahan pohon 

Laporan Wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Kurang dari tiga jam, Jalan Ahmad Yani dari Depan Kantor DPRD Kotamobagu hingga depan Kampus Universitas Dumoga Kotamobagu ditutup dari aktivitas lalulalang kendaraan, Jumat (15/7) sekitar pukul 08.00 wita.

Tepat di pintu masuk universitas tua di Kotamobagu itu para petugas dari Dinas Perhubungan, PLN, dan Telkom tampak sibuk melihat ke arah atas. Rupanya ada dua orang petugas dari Dinas Tata Kota sedang memangkas sebagian cabang pohon pete. 

Pembersihan cabang pohon tersebut dilakukan untuk membuat solar cell pada lampu lalu lintas di simpang Empat, agar bisa menerima sinar matahari secara baik sehingga berfungsi dengan baik pula.

Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi, dan Informasi (Dishubbudparkominfo) Kotamobagu Agung Adati mengatakan pembersihan ini selain untuk membuat lampu lalu lintas bisa berfungsi dengan baik, juga membuat pengendara dan pejalan kaki aman saat melintas maupun menunggu lampu hijau.

"Pada pembersihan ini sudah kita undang dari pihak Telkom dan PLN untuk melihat kabel jaringannya, Dinas Tata Kota Kotamobagu dan Badan Lingkungan Hidup dengan pohon sebagai bidangnya," ujar Agung.

Dua petugas distakot dengan lihai memanjat pohon sampai ke ujung lalu memotong cabang dan daun yang sudah menutupi solar cell. Seringkali cabang pohon yang dipotong tergantung pada kabel-kabel namun tak lama kemudian langsung disingkirkan.

Dari pihak Telkom Cabang Kotamobagu langsung datang memantau Kepala Cabang Telkom Kotamobagu, Amri Pary Usamahu. Kepada Tribun Manado ia mengatakan dengan adanya pembersihan cabang pohon ini Telkom terbantu.

"Selain jaringan tidak terganggu dengan pohon, kita bisa merapikan kabel telkom. Karena rata-rata yang membuat gangguan yaitu bencana alam seperti tanah longsor dan juga pohon ini," ujar Amri.

Tampak juga di lokasi petugas bagian pembersihan gangguan jaringan dari PLN. Selain di Perempatan UDK, tim juga akan lanjut membersihkan pohon yang menutupi solar cell lampu lalu lintas di Kelurahan Molinow dan Mogolaing.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Susanto_Amisan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved