Amankah Bertransaksi Saham di Pasar Modal?

Amankah bertransaksi saham atau efek lainnya di pasar modal? Pertanyaan ini tentu ada di benak masyarakat calon investor.

Amankah Bertransaksi Saham di Pasar Modal?
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Amankah bertransaksi saham atau efek lainnya di pasar modal? Pertanyaan ini tentu ada di benak masyarakat calon investor.

Pengawasan transaksi di pasar modal dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang (UU) yang bertugas mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia yang mencakup perbankan, pasar modal, lembaga keuangan non-bank, dan lembaga keuangan mikro.

Bidang Pengawasan Sektor Pasar Modal OJK mempunyai tugas menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan sektor pasar modal yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

OJK memiliki tugas pokok sesuai amanat UU, yaitu menyusun peraturan pelaksanaan di bidang Pasar Modal, melaksanakan Protokol Manajemen Krisis Pasar Modal, menetapkan ketentuan akuntasi di bidang Pasar Modal, merumuskan standar, norma, pedoman kriteria dan prosedur di bidang Pasar Modal, melaksanakan analisis, pengembangan dan pengawasan Pasar Modal termasuk Pasar Modal Syariah, melaksanakan penegakan hukum di bidang Pasar Modal.

Selain itu, OJK juga bertugas menyelesaikan keberatan yang diajukan oleh pihak yang dikenakan sanksi oleh OJK, Bursa Efek Indonesia, Lembaga Kliring dan Penjaminan, dan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian. Merumuskan prinsip-prinsip Pengelolaan Investasi, Transaksi dan Lembaga Efek, dan tata kelola Emiten dan Perusahaan Publik.

OJK akan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pihak yang memperolah izin usaha, persetujuan, pendaftaran dari OJK dan pihak lain yang bergerak di bidang Pasar Modal.

Memberikan perintah tertulis, menunjuk dan/atau menetapkan penggunaan pengelola statuter terhadap pihak/lembaga jasa keuangan yang melakukan kegiatan di bidang Pasar Modal dalam rangka mencegah dan mengurangi kerugian konsumen, masyarakat dan sektor jasa keuangan, dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Dewan Komisioner.

Semua perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan harus memperoleh izin dari OJK dan akan diawasi operasionalnya oleh lembaga superbody ini.

Ada Dewan Komisioner yang menjadi pimpinan tertinggi OJK yang terdiri dari ketua dan wakil ketua, serta anggota dewan komisioner yang mengepalai pasar modal, perbankan, lembaga keuangan nonbank, sosialisasi dan perlindungan konsumen, serta mengepalai akuntansi.

Halaman
12
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help