Teror Bagi Pemegang Kartu Kredit! 1.600 Kartu Dibobol, Data Nasabah 17 Bank Dicuri

"Jangan hanya kartu kredit. Kartu debit juga harus diamankan sebab jika hanya tanda tangan, bisa disalahgunakan."

Teror Bagi Pemegang Kartu Kredit! 1.600 Kartu Dibobol, Data Nasabah 17 Bank Dicuri
Warta Kota/Adhy Kelana

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kaget sekaligus panik. Ekpresi emosi ini langsung muncul dari dokter Greity Inggrit Giroth Mkes begitu tahu informasi pembobolan ribuan kartu kredit.

"Aduh, bagaimana bisa?" ujar Kabid Promkes Dinas Kesehatan Sulawesi Utara ini, Selasa (22/6).

Pengguna kartu kredit Visa dan Mastercard ini menjadi panik lantaran sebagian besar transaksi pembeliannya menggunakan kartu kredit, terlebih saat belanja di online shop.

"Ini bisa menyasar siapa saja," kata Inggrit yang punya kartu kredit dari sejumlah bank ini.

"Sebagai konsumen jelas kami khawatir. Jangan hanya kartu kredit. Kartu debit juga harus diamankan sebab jika hanya tanda tangan, bisa disalahgunakan," katanya.

Ia berharap aparat dan pihak bank mempublikasikan motif dan modus pembobolan tersebut. "Supaya kami lebih hati-hati," ujar mantan Kepala RSUD Noongan ini.

Reaksi kaget juga ditunjukkan Manager Marketing dan Promosi PT Daya Adicipta Wisesa Manado, Erick Sugiarto ketika mendengar kabar kasus pembobolan kartu kredit yang jumlahnya mencapai 1.600 buah dan nilainya miliaran rupiah.

"Serius, yang benar? Wah, saya harus langsung mengecek (kartu kredit) nih. Limit kartu kredit saya tidak banyak sih, tapi kan lumayan. Saya langsung akan ngecek," ujar Erick, Selasa (22/6).

Mapolda Metro Jaya, berhasil menggulung komplotan pembobol kartu kredit. Sebanyak 1.600 orang menjadi korban sindikat pembobolan kartu kredit itu. Komplotan tersebut sudah beroperasi sejak tahun 2014.

Komplotan itu yang berhasil digulung itu sebanyak empat orang yakni GS, A, AH dan PSS. Keempat orang inilah yang menjadi pelaku pembobol kartu kredit nasabah dari berbagai bank swasta.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help