(NEWS VIDEO) 227 Personil Polres Bolmong Dites Urin Dokkes Polda Sulut

"Pemeriksaan tidak semua personil karena masalah jarak dan waktu. Tidak mungkin kita periksa semuanya."

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Setelah apel pagi, Kamis (31/3) para personil Polres Bolmong langsung diarahkan ke bagian samping untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Polda Sulut.

Lokasinya tepat didepan loket pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Tempat duduk bagi pembuat SKCK ditempati tim dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Sulut. Pemeriksaan urine personil Polres Bolmong pun dimulai. Setelah mendaftar setiap personil disodorkan botol tes urine.

Toilet Polres Bolmong penuh, secara bergantian masuk keluar setiap personil hanya untuk mengisi botol tes urine. Setelah diisi botol kemudian dikembalikan kepada petugas dari Bid Dokkes untuk diperiksa langsung dengan alat apakah positif menggunakan narkotika atau tidak.

Hanya membutuhkan waktu selama 10 menit, para personil Polres Bolmong bisa mengetahui hasilnya. Negatif, hasil itu yang seringkali terdengar dari mulut petugas bid dokkes. Botol tes urine kemudian dikosongkan dan disimpan, begitu juga dengan alat tes urine begitu seterusnya.

Yang pertama diperiksa itu perwira Polres Bolmong, kabag ops, kabag sumda, kasat narkoba,kasat lantas, kasat tahti, beberapa kapolsek yakni Modayag, Passi, Lolayan, Kotamobagu. Wakapolres Bolmong Kompol Nanang juga ikut tes urine ini.

Semua anggota tak terlihat panik saat tes urine. "Kalau orang yang tidak melanggar pasti tidak kaget," ujar Kasat Lantas AKP Romel Pontoh.

Kapolres Bolmong AKBP William Simanjuntak kepada Tribun Manado mengatakan dengan adanya pemeriksaan urine tersebut, menjadi informasi bagi masyarakat bahwa polisi juga tidak luput dari pemeriksaan. "Dan hasilnya tadi itu negatif," ujarnya.

Lanjut William anggota yang kedapatan terlibat narkoba itu merupakan oknum.

"Kalau ada polisi yang terlibat narkoba dan sudah ditangkap itu adalah oknum dan tidak bisa dikaitkan dengan institusi. Ini satu langkah untuk mencegah adanya anggota yang terlibat narkoba," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved