Pemkab Minsel Incar Raih Adipura

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Pemkab Minsel) melalui Kantor Pengelola Kebersihan dan Pertamanan.

Pemkab Minsel Incar Raih Adipura
TRIBUNMANADO/ANDREW PATTYMAHU
Situasi Pelabuhan Amurang 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AMURANG - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Pemkab Minsel) melalui Kantor Pengelola Kebersihan dan Pertamanan menargetkan untuk meraih Piala Adipura Kategori Kota Kecil.

Kepala Kantor Pengelola Kebersihan dan Pertamanan, Meyti Tumbuan menuturkan, bahwa dirinya optimistis piala tersebut akan menyambangi Minsel khususnya di Kecamatan Amurang Raya. "Berbagai persiapan sudah kami lalukan," katanya, Senin (14/3).

Dikatakannya sebenarnya tahun lalu, Minsel nyaris mendapatkan piala bergengsi tersebut. Hanya saja pada saat penilaian Tim Adipura passing grade-nya naik satu poin. Padahal jika passing grade hanya 74 maka sudah dipastikan Minsel meraih Adipura. "Tapi waktu itu naik menjadi 75, perbeadaan satu poin saja itu sangat besar dan perlu pembenahan yang lama," katanya.

Masalah penilaian tersebut hanya pada pemisahan sampah kering dan sampah basah. "Selain itu banyak juga sampah yang berada di selokan," kata Tumbuan.

Untuk memuluskan impian Pemkab Minsel meraih Piala Adipura, Tumbuan meminta, kepada warga agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. "Jagalah kebersihan tempat tinggal kita, terutama di selokan agar tidak tersumbat dengan sampah," katanya lagi.

Andries Pattyranie, tokoh masyarakat Minsel menilai bahwa pemerintah masih sulit mendapatkan Adipura. "Kita perhatian saja di sepanjang Jalan Palambean di Kelurahan Buyungon masih ada warga yang buang sampah di sekitar lokasi tersebut," katanya.

Pemerintah harus jemput bola ke tengah masyarakat menyosialisasikan tentang target meraih Adipura. Selain itu, kebersihan juga harus menjadi gaya hidup masyarakat, tutur Pattyranie. *

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help