TribunManado/
Home »

Opini

Renungan Minggu: Percaya Separuh atau Bulat

Sesuai bacaan kita hari ini Orang Farisi tidak percaya kepada Yesus.

Renungan Minggu: Percaya Separuh atau Bulat
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

(Yohanes 12: 37-50)
Oleh Pdt DR Nico Gara MA

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sesuai bacaan kita hari ini Orang Farisi tidak percaya kepada Yesus. Meskipun sudah banyak tanda atau mujizat yang dikerjakan oleh Yesus.

Mengapa? Karena mereka tidak percaya pada berita tentang Kristus yang sudah dinubuatkan para Nabi Perjanjian Lama, antara lain oleh Nabi Yesaya.

Lebih dari itu, tindakan TUHAN atau tindakan Ilahi tidak dapat dinyatakan kepada mereka, karena Allah membutakan mata mereka dan mendegilkan hati mereka. Jadi pangkal penyebabnya karena mereka tidak percaya.

Namun soal percaya atau tidak percaya tidaklah sesederhana mengatakannya. Sebab ada orang yang dalam hati sudah percaya kepada Yesus, tetapi tidak mau mengakui kepercayaannya itu.

Mungkin inilah yang dapat dikatakan percaya setengah hati.

Percaya yang bulat hati hanya bisa jadi, jika orang telah mengalami apa yang dialami Nabi Yesaya, yakni " karena ia telah melihat kemuliaanTUHAN dan berkata-kata tentang TUHAN" (ayat 41). Sebaliknya orang yang percaya setengah hati disebabkan kerena mereka "lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah" (ayat 43).

Menghadapi sikap tidak percaya dari orang Farisi dan sikap percaya setengah hati dari para pemimpin agama waktu itu, Yesus menegaskan untuk percaya kepada-Nya yang berarti percaya kepada Allah Bapa.

Sebab hanya dengan percaya kepada Kristus, yang telah datang ke dalam dunia sebagai terang, maka manusia tidak tinggal di dalam kegelapan dosa.

Dengan percaya kepada Kristus yang ditandai kesediaan untuk mendengarkan dan melakukan Firman-Nya, maka manusia akan memperoleh hidup kekal, yakni hidup yang jauh melebihi segala kemuliaan dan kehormatan yang bisa diusahakan oleh manusia di dunia ini.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help