TribunManado/

Gadget Sebabkan Mata Minus pada Anak Loh

Penggunaan gadget yang tak terkendali pada anak-anak menyebabkan dampak yang merugikan pada fungsi mata.

Gadget Sebabkan Mata Minus pada Anak Loh
Shutterstock
Ilustrasi. 

Laporan wartawan Tribun Manado Fionalois Watania

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Penggunaan gadget yang tak terkendali pada anak-anak menyebabkan dampak yang merugikan pada fungsi mata.

Tak sedikit pemeriksaan mata di puskesmas atau Balai Keselahatan Mata Masyarakat (BKMM) yang menerima pasien anak-anak.

Berdasarkan data Puskesmas Tikala, jumlah pasien yang memeriksakan mata yang dirujuk ke BKMM mencapai puluhan pasien.

"Pasien terdiri dari anak-anak, orang dewasa, dan lansia. Jumlah pasien pada bulan Oktober 2015 mencapai 36 pasien, November 2015, 28 pasien, dan Desember 20 pasien," kata Gutri Tasiam, Pegawai Puskesmas Selasa (12/1).

Lanjut Gutri sejumlah penyakit mata yang ditemukan pada para pasien yaitu rabun jauh, rabun dekat, dan katarak. Usia pasien beragam mulai dari 10 tahun hingga usia lansia. "Penyebab utama rabun jauh juga bisa karena gadget. Biasanya kalau sudah rabun jauh, maka harus segera menggunakan kacamata," ujarnya.

Data pasien anak-anak yang dianjurkan memakai kacamata di BKKM lebih banyak. Pada bulan Oktober 2015 jumlah pasien khusus usia 1 hingga 14 tahun berjumlah 34 orang, 26 orang pada November 2015, dan 22 orang untuk Desember 2015. Kemungkinan jumlah pasien anak-anak pada Januari 2016 juga berkisar puluhan orang.

Diwawancara terpisah, dr. Salam Surbakti, spesialis mata mengatakan pasien termuda yang melakukan pemeriksaan mata yaitu usia sekitar tiga tahun. "Mereka datang dengan banyak keluhan, berawal dari sakit kepala dan pusing. Banyak yang masih usia anak-anak namun sudah harus memakai kacamata," jelasnya saat ditemui usai melakukan operasi.

Selengkapnya baca Tribun Manado Edisi Kamis (14/1)

Penulis: Fionalois Watania
Editor: Rine_Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help