Nasib Sulut di PON Mencemaskan, Butuh Perhatian Pemprov Sulut

Gelaran Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat 2016 semakin dekat.

Nasib Sulut di PON Mencemaskan, Butuh Perhatian Pemprov Sulut
SERAMBI/BUDI FATRIA
Atlet anggar Aceh bertarung dengan tim anggar Sumatera Utara pada pertandingan final kelas floret beregu putri kejurnas anggar antar PPLP dan Pelajar di Hall Serbaguna Kompleks Stadion Lhoong Raya, Banda Aceh, Sabtu (7/12). Tim anggar Sumatera Utara mengalahkan Aceh dengan skor 45-35. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Gelaran Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat 2016 semakin dekat.

Sayangnya, banyak atlet asal Kawanua yang diharap bisa mendulang medali di PON Jabar 2016 nanti, justru hengkang membela daerah lain.

Satu di antara atlet yang pindah daerah adalah Chintya Pua. Dia adalah atlet anggar. Dalam wawancara Juni lalu, Pua mengatakan, para atlet yang pindah daerah itu bukan memburu materi, melainkan perhatian pemerintah daerah.

"Bukan karena materi. Tapi perhatian pemerintah daerah kurang. Di sini (Sulut) minim turnamen sehingga sulit berkembang," ungkap, Chintya Pua, saat itu yang mengaku pindah ke Kaltim atas kemauan sendiri.

Berdasar informasi yang dihimpun Tribun Manado dari para pelatih atlet berbagai cabang olahraga dan KONI Sulut, lebih dari 20 atlet potensial hengkang dari Bumi Nyiur Melambai dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini.

Tak heran jika kemudian, dari PON satu ke PON berikutnya, medali emas, perak dan perunggu yang diraih kontingen Sulawesi Utara terus menurun.

Pada 2004, saat event empat tahunan ini digelar di Sumatera Selatan, Sulut menduduki posisi 13 dengan perolehan medali 14 emas, 14 perak dan 13 perunggu.

Empat tahun kemudian, PON Kaltim 2008, atlet-atlet Sulut masih mampu mempertahankan 14 emas, sementara perolehan medali perak berkurang menjadi 11 dan perunggu bertambah tiga menjadi 16.

Prestasi ini mendongkrak posisi klasemen akhir perolehan medali menjadi ranking 12 dari 33 provinsi di Indonesia.

Sayangnya, di PON Riau 2012, prestasi Sulut terjun bebas yakni merosot ke posisi 17 dengan perolehan medali, 6 emas, 6 perak dan 8 perunggu.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved