Tim Futsal Sulut Lolos ke 16 Besar

Tim Pra-PON Sulawesi Utara (Sulut) memastikan diri melangkah ke babak 16 besar Pra-PON cabang olahraga futsal di Samarinda.

Tim Futsal Sulut Lolos ke 16 Besar
NET
Ilustrasi

Laporan wartawan Tribun Manado Fernando Lumowa

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tim Pra-PON Sulawesi Utara (Sulut) memastikan diri melangkah ke babak 16 besar Pra-PON cabang olahraga futsal di Samarinda, Kalimantan Timur 14-20 November 2015, setelah menyapu bersih 2 pertandingan di Grup 5 wilayah VII. Sulut (7 poin) keluar sebagai Juara Grup didampingi Gorontalo (4 poin) sebagai Runner Up untuk bertarung di babak 16 besar Kaltim.

Evan Tahir dan kawan-kawan melewati tiga pertandingan dengan tidak mudah.

Di laga pertama, Sulut melibas Gorontalo dengan skor 9-6, kemudian di laga kedua menggilas Sulteng skor 8-2. Pada pertandingan terakhir, Rabu (28/10) malam, Evan Tahir dan kawan-kawan gagal mengalahkan Sultra hingga skor berakhir imbang 5-5.

Sulut sendiri melewati pertandingan sengit dan mendebarkan yang diikuti Gorontalo, Sulteng dan Sultra hingga meraih dua kemenangan penting untuk melangkah ke babak 16 besar, sekaligus membidik PON 2016 Bandung, Jabar.

Duet pelatih tim futsal Sulut, Arifin Adrian dan Ronny Soputan mengatakan bahwa lolosnya tim Sulut ke babak 16 besar menjadi target sejak awal.

Keduanya berharap, strategi yang dicanangkan ini hingga membuahkan kemenangan bisa berjalan sesuai harapan pada babak 16 besar nanti. "Kami ingin futsal Sulut bisa tampil di PON," ucap keduanya.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulut, Hery Inyo Rumondor membenarkan wilayah Sulawesi diambil juara dan runner up ke babak 16 besar di Kaltim.

"Pra-PON futsal kan ada dua kali. Dari 32 tim yang disebar delapan grup, para juara dan runner-up berhak melaju ke babak 16 besar. Setelah itu, tim yang lolos dibagi dua grup dan hanya 10 tim yang berhak ikut PON XIX Jawa Barat 2016," papar Rumondor.

Ketua Asosiasi Futsal Indonesia (AFI), Harry Tanoesudibyo bersama Ketua Asprov PSSI Sulut, Jackson Kumaat turut menghadiri pertandingan terakhir pra-pon wilayah VII grup B, dengan didampingi Ketua AFP Sulut, Hery Inyo Rumondor.

Harry Tanoe dalam kesempatan memberikan sambutan mengatakan bangga dengan antusias AFP Sulut dalam menggelar pra-pon futsal wilayah VII. "Ini satu semangat besar dalam memberikan peranan untuk olahraga futsal, mudah-mudahan geliat futsal tetap eksis di Tanah Air hingga bisa bisa menjaring pemain handal untuk menuju Piala Dunia 2016," kata Harry Tanoe.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved