Benny-David Bobihoe Resmi Nomor Urut Tiga

Mulai hari Minggu (27/9), pasangan calon (Paslon) Gubernur Sulut menjadi tiga.

Benny-David Bobihoe Resmi Nomor Urut  Tiga
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Deputi Bidang Penindakan Badan Nasionak Narkotika, Irjen Benny Mamoto didampingi oleh Kepala Humas BNN, Sumirat saat menggelar konferensi pers di Gedung BNN, Jakarta Timur, Jumat (1/2/2013) lalu. 
Laporan wartawan Tribun Manado Arthur Rompis
TRIBUNMANDO.CO.ID,MANADO- Mulai hari Minggu (27/9), pasangan calon (Paslon) Gubernur Sulut menjadi tiga. 
KPU Sulut akhirnya menetapkan pasangan calon yang diusung partai Golkar Benny Mamoto - David Bobihoe sebagai peserta Pilkada tahun ini pada rapat pleno Minggu sore.
Mamoto otomatis mendapat nomor urut tiga. Nomor satu dan dua sudah menjadi milik OD - SK serta Maya - Glenny. 
Ketua KPU Sulut Yessy Momongan mengatakan, Benny Mamoto dan David Bobihoe dinyatakan memenuhi syarat setelah pihak KPU melakukan penelitian dokumen serta syarat administrasi keduanya. "Hasilnya, keduanya sah," kata dia. 
Untuk selanjutnya, kata dia, keduanya akan menjalankan tahapan pilkada. 
Karena tahapan sudah berjalan, keduanya diharapkan menyesuaikan diri.
"Keduanya menyesuaikan dengan jadwal," kata dia. 
Benny Mamoto dalam konferensi pers usai penetapan merasa perlu berterimakasih kepada pasangannya David Bobihoe. Menurutnya, ia tak mungkin bisa maju menjadi Gubernur bila David tak bersedia. "Terima kasih pak David," 
Benny mengatakan, dirinya dalam keadaan siap bertarung. Benny mengaku sudah punya konsep membangun Sulawesi Utara. Benny ingin membenahi birokrasi serta memberantas korupsi.
"Sulut bisa menghadapi MEA, syaratnya dua hal itu dibenahi, sudah banyak daerah maju karena birokrasinya mantap serta tidak ada korupsi," ujar dia. Benny ingin memakai cara kampanye santun agar program itu sampai di hati masyarakat. 
Ibarat sebuah perang, ia ingin menang, bukan dengan kekerasan, namun dengan merebut hati rakyat. "Saya ingin pakai cara santun," kata dia. Vreeke Runtu, Ketua tim kampanye Benny Mamoto - David Bobihoe, hakul yakin duet tersebut bakal memenangi Pilkada. 
Ia enggan mengungkapkan berapa persen target perolehan suara. "Yang pasti menang," kata dia.
Disebutnya, kedua calon itu punya chemistry. Keduanya juga punya keunggulan dibanding Paslon lain.
"Pak Benny adalah tokoh nasional yang sudah berbuat banyak untuk daerah ini, ia punya massa fanatik, pak David juga punya ketokohan," kata dia. 
Menurut Vreeke, siapapun yang melihat keduanya bisa "jatuh cinta" pada pandangan pertama. Dibeber Vreeke, pihaknya siap merebut kembali wilayah yang jadi kantong partai Golkar. 
Ekspansi ke wilayah - wilayah tertentu yang jadi basis massa juga tengah dimatangkan  Diyakininya strategi itu bakal mulus karena Benny dari sononya sudah punya pendukung. 
Pada kesempatan itu, Vreeke mengeluarkan ultimatum kepada  semua kader partai Golkar untuk tidak mbalelo. "Jika mbalelo bisa diberhentikan," kata dia.
Victor Mailangkay dari kubu Golkar versi Agung Laksono mengatakan, majunya Benny menjadi ajang mempersatukan Golkar yang terserak. 
Menurut Victor, Golkar kini satu bahasa, satu gerakan untuk memenangkan Benny. "Ini adalah momen untuk bangkit, semua kader Golkar Sulut amankan Benny," kata dia.
Amir Liputo dari PKS menjanjikan kejutan besar. "Lihat saja nanti," kata dia. 
Tim sukses tiga calon Gubernur saling curhat tentang APK di sela - sela sidang pemberian nomor urut paslon Gubernur yang diusung Partai Golkar Benny Mamoto David Bobihoe, Minggu (27/9) sore di kantor KPU.
Mereka adalah Vreeke Runtu dan Amir Liputo dari Kubu Mamoto, Arthur Kotambunan dari kubu OD SK serta seorang lagi dari pasangan Maya Glenny. 
Arthur serta wakil pasangan Maya Glenny hadir sebagai perwakilan dari pasangan OD AK. Ketiganya duduk terpisah, Vreeke dan Amir di samping Benny Mamoto di meja utama yang menghadap meja majelis,  sementara Arthur di meja samping kiri.
Percakapan dilakukan dengan suara keras, diiringi canda. Ajang curhat dibuka dengan kata - kata Arthur. 
"Wah sekarang APK pasangan kami baru terpasang 30 persen, torang lebe dulu asi bagitu, apalagi ngoni, nanti Desember ngoni," goda Arthur. Amir dan Vreeke hanya tertawa. Arthur kemudian mencuit lagi. Ia berkata tentang sejumlah baliho yang rusak.
Dibeber Arthur, baliho rusak mendatangkan dilema. "Kami mau perbaiki tapi tak boleh, di sisi lain KPU juga tidak punya uang untuk memperbaiki, inikan aneh," kata dia. 
Mendengar penuturan Arthur, David terbengong sementara Benny menyimak dengan seksama. Arthur menambahkan, pihaknya hanya bisa mengupayakan penjagaan ketat di sejumlah titik utama pemasangan Baliho.
 
Komisioner KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, pihak ketiga langsung melakukan pemasangan APK setelah Benny - David ditetapkan. 
Pemasangan akan dilakukan di titik dimana baliho calon lain dipasang. "Segera kita pasang, foto - foto keduanya sudah kita pasangkan ke Baliho," kata dia.
Ardiles memperkirakan, pemasangan akan tuntas dalam waktu dua tiga hari ke depan. 
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved