Usaha Anda Hampir Bangkrut? Tiru Solusinya ala Harley Davidson

Siapa yang tak mengenal motor Harley Davidson, motor gede fenomenal dan mendunia ternyata pernah hampir bangkrut, ini kisahnya.

Usaha Anda Hampir Bangkrut? Tiru Solusinya ala Harley Davidson
SHUTTERSTOCK

TRIBUNMANADO.CO.ID - Siapa yang tak mengenal motor Harley Davidson (HD), motor gede fenomenal dan mendunia ternyata pernah hampir bangkrut, ini kisahnya.

Pada tahun 90-an Harley Davidson merupakan produk yang berkilau, bahkan tahun 2000-an dianggap sebagai produk yang paling bergengsi.

Motor harley Davidson dimiliki mulai dari pejabat tinggi, pengusaha kaya, juga para selebriti dunia.

Pada tahun 2003 Harley Davidson merayakan ultahnya yang ke-100 di Milwaukee USA. Puluhan ribu orang datang dengan sepeda motornya.

Seperti dikutip dari buku 'Change!'m karya Rhenald Kasali acara tersebut pada radius 150 km dari pusat kegiatan sudah penuh sejak satu bulan sebelumnya.

Mereka datang lengkap dengan aksesori-aksesori yang identik atau seolah menjadi identitas mereka antara lain jaket kulit, sepatu boot, rantai kalung, ikat kepala dan atribut komunitas masing-masing daerah.

Yang datang bukan hanya dari Amerika Serikat saja namun juga dari Eropa Barat, Rusia, Afrika Selatan, Jepang, China dan Indonesia.

Menurut Rhenald Kasali ternyata HD tak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa mencapai posisi seperti ini.

HD pernah tiga kali menjalani masa-masa sulit, bahkan nyaris ditutup karena bangkrut.

harley pernah populer di masa perang dunia sempat terguncang di tahun 1950-an. Penyebabnya yakni kejadian di tahun 1947, pada perayaan kemerdekaan Amerika (4 Juli) yang disponsori oleh The American Motorcycle Association di Holister California. Pada hari itu sekelompok orang sebanyak 500-an mengamuk dan merusak berbagai gedung dan restoran di sana.

Halaman
12
Penulis: Robertus_Rimawan
Editor: Robertus_Rimawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved