TribunManado/

Tribun Manado Travel

Waspada Calo Kapal di Pelabuhan Kali Mas Manado

Untuk ke Bunaken atau pun Siladen dengan pesona alamnya, wisatawan harus menyebrang pulau menggunakan kapal.

Waspada Calo Kapal di Pelabuhan Kali Mas Manado
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Kapal yang disewakan di Pelabuhan Wisata Kali Mas Manado 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO, TRAVEL  - Untuk ke Bunaken atau pun Siladen dengan pesona alamnya, wisatawan harus menyebrang pulau menggunakan kapal. Di pelabuhan Manado, ada pelabuhan yang dikhususkan untuk penyewaan kapal pariwisata.

Kali Mas namanya. Di Kali Mas ini banyak jasa penyewaaan kapal ke Bunaken yang tersohor dengan taman nasional bawah lautnya, atau pun ke pulau seberangnya, Siladen.

pelabuhan kali mas
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN: Dermaga Wisata Kali Mas Manado

Jika hendak menyewa kapal di Kali Mas ini, anda pasti akan disambut oleh sejumlah orang yang menawarkan jasa tersebut. "Ke Bunaken atau Siladen?" Itu pertanyaan yang sering dilontarkan.

Bisa jadi tawaran tersebut datang dari para calo. Anda harus jeli dan waspada dengan godaan para calo. Karena jika termakan rayuan, kocek anda akan keluar lebih besar dari biasanya.

Jika langsung ke pemilik kapal, harga sewa kapal untuk kapasitas maksimal 25 orang seharga Rp 1.2 juta. Kapal bisa menunggu semalaman. Untuk kapasitas kapal yang lebih kecil maksimal 10 orang, harga dibanderol Rp 700 - 800 ribu. Kapal-kapal ini lengkap dengan pelampung.

kapal di kalimas
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN: Kapal komersil yang bisa mengantar turis ke Pulau Bunaken dan Pulau Siladen

Harga tersebut masih bisa turun jika anda pintar untuk menawar. Harga tersebut hanya untuk satu titik saja. Jika ingin keliling, pemilik kapal akan meminta uang lebih, tergantung jaraknya.

"Harga ini jika langsung ke pemilik kapal. Kalau lewat calo, bisa lebih mahal. Kadang mereka minta selisih sampai Rp 300 - 400 ribu. Makanya harus jeli, jangan sampai sewa pada calo," ujar Sela, salah seorang pemilik kapal.

Jika ingin perjalanan lebih murah, kapal komersil mengantar anda ke dua pulau ini, maupun ke pulau-pulau sekitarnya. Hanya dengan Rp 25 ribu, sudah bisa tiba ke tujuan dengan lama perjalanan sekitat satu jam.

kapal di kalimas
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJA: Kapal komersil di pelabuhan wisata Kali Mas

Kapal ini beroperasi tiap hari. Hanya saja, risikonya tak ada jaminan waktu untuk perjalanan anda. Karena kapal komersil ini tak tentu kapan jalannya. Kalau langsung kembali, sebaiknya sewa kapal.

Selain kapal di pelabuhan Kali Mas ini, ada juga beberapa pelabuhan pariwisata yang ada. Seperti di kawasan Marina Plaza Manado. Di pelabuhan ini, harga sewa kapal akan lebih mahal.

kapal di kalimas

Hanya saja, di pelabuhan ini lebih resmi. Para penumpang akan didata dan akan mendapat asuransi. Sementara di pelabuhan ini bebas dari godaan para calo. Pintar-pintarlah memilih kapal yang akan membawa anda berwisata di pulau-pulau di Manado.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Rine_Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help