TribunManado/

Bisa Lihat Gadis Cantik di Sebelah Kanan? Ini Penjelasannya

Netizen diinstruksikan untuk menatap titik putih di tengah hidung dari gambar negatif wanita di sebelah kiri.

Bisa Lihat Gadis Cantik di Sebelah Kanan? Ini Penjelasannya
Coba lihat titik putih di tengah hidung wanita di gambar sebelah kiri selama 15 detik, kemudian lihat di bagian kosong sebelah kanan. Bisakah anda melihat gadis cantik di sebelah kanan? 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Masih ingat tentang perdebatan warna dari sebuah gaun apakah putih emas atau biru hitam beberapa waktu lalu?

Lupakan sejenak tentang gaun itu. Sekarang ini di sosial media lagi ramai dibicarakan mengenai ilusi optik.

Netizen diinstruksikan untuk menatap titik putih di tengah hidung dari gambar negatif wanita di sebelah kiri.

Setelah sekitar 15 detik, netizen kemudian diminta untuk melirik ruang kosong di sebelah kanan foto.

Sosok 'setan' di sebelah kiri foto akan berubah menjadi penuh warna dan menampilkan seorang wanita cantik berambut cokelat muda.

Dilansir dari Dailymail, Rabu (1/7), ilusi optik ini dikenal sebagai 'afterimage negatif'. Hal ini disebabkan oleh sel-sel yang terletak di mata yang disebut sel ganglion.

Sel ganglion yang mengirim pesan ke otak dengan kode warna primer.

"Semua kode bisa kita lihat dalam spectrum cahaya. Informasi ini kemudian disampaikan dari belakang mata ke otak melalui tiga saluran neuron," ujar Dr Juno Kim dari University of NSW School of Optometry and Vision Science.

Dikatakannya, selain saluran hitam dan greyscale, manusia juga memiliki saluran merah dan hijau, saluran biru dan kuning, sehingga ada kode untuk setiap warnya yang dilihat.

"Ketika Anda melihat sesuatu , misalnya, kuning untuk jangka waktu yang panjang, Anda merangsang sel-sel yang positif sensitif terhadap kuning - sehingga dalam saluran kuning dan biru," kata Dr Kim.

Dijelaskannya, sel tersebut akan meningkat setelah ada penurunan aktivitas.

"Ketika Anda kemudian mengarahkan pandangan Anda pada latar belakang seragam - katakanlah dinding abu-abu - maka yang terjadi adalah bahwa sel tidak kembali ke aktivitas istirahat, ia pergi jauh lebih rendah dari itu. Penurunan ini akan membuah kode kuning melemah. Kode untuk berlawanan akan menjadi lebih kuat sehingga anda melihat warna biru," terangnya.

Dengan demikian, menurut gambar di atas, kata Dr Kim, sel-sel mata kita yang mengidentifikasi biru menjadi lelah dan lemah.

"Sehingga merangsang rona yang berlawanan, warna kuning akan menjadi lebih kuat. Hasilnya, kita melihat wanita dengan kulit yang lebih alami," tandasnya. (dailymail)

Tags
mata
otak
Penulis: Rine_Araro
Editor: Rine_Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help