Divonis Gagal Ginjal, Nyawa Selamat Karena Tanaman Ini!

Ditangan seorang peracik obat tradisional, tanaman itu bisa menyelamatkan nyawa kita.

Divonis Gagal Ginjal, Nyawa Selamat Karena Tanaman Ini!
kompas.com
ilustrasi ginjal 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jangan anggap remeh tanaman yang biasa tumbuh di pekarangan rumah. Di tangan seorang peracik obat tradisional, tanaman itu bisa menyelamatkan nyawa kita.

Begitulah pengalaman Vecky (37), warga Desa Tatelu, Kabupaten Minahasa Utara, beberapa tahun silam. Kepada Tribun Manado Minggu (15/3/2015), ia berkisah, kematian agaknya begitu dekat dengannya yang waktu itu didiagnosa gagal ginjal.

Menurut dokter yang menanganinya, Vecky kemungkinan besar akan meninggal dunia. Jika pun hidup, harus menjalani cuci darah seumur hidup. Hampir sebulan Vecky menjalani rawat inap di Rumah Sakit Lembean serta Kandou.

Kemudian, ia minta pulang. Alasannya, lebih tenang meninggal di pembaringan rumah sendiri. Ia pasrah. Tiba di rumah, para tetangga terkejut melihat kondisi Vecky. Tubuhnya membengkak serta warna mukanya kuning kehijauan.

Ia tak bisa lagi berjalan karena telapak kakinya yang bengkak terasa nyeri saat menyentuh tanah. Yang paling mengenaskan, ia tak bisa lagi bicara dengan jelas, padahal terlihat sangat ingin mengatakan pesan terakhir. Tak lama kemudian, doa penyerahan dipanjatkan.

Namun, harapan agar Vecky terus hidup. Seorang anggota keluarga mengundang Jon Simbuang, warga Airmadidi yang mengerti cara meracik obat - obatan tradisional.

Kebetulan ia sahabat baik Vecky. Jon kemudian meracik obat tradisional dari sejumlah tanaman. Salah satu tanaman adalah kaktus ekor tikus. Tanaman itu terdapat di sekitar rumah Vecky. "Tanaman itu tumbuh liar, orang biasa tidak tahu jika tanaman itu bermanfaat," ujarnya.

Vecky kemudian minum obat racikan Jon. Beberapa hari kemudian, Jon ditelepon Vecky. Vecky mengajaknya makan soto. "Saya pikir ia bercanda, lantas saya datang ke rumahnya, dan ia memang sudah baikan, saya juga melihat ember besar berisi kotoran Vecky, ia sudah berhari - hari lamanya tidak kencing, ia pulih perlahan, hingga kini tak pernah kambuh lagi," ujarnya.

Jon menuturkan, ada lima tanaman dalam ramuan obat gagal ginjal Vecky. Selain bunga kaktus ekor tikus, ada bunga paruh burung, buah mahkota dewa, daun penahong serta buah kelapa kuning. "Khusus buah paruh burung harus dicari di tepi pantai karena hanya ada di sana," kata warga Airmadidi ini.

Ramuan itu terdiri atas tiga macam. Diungkap Jon, pertama adalah kaktus ekor tikus yang diremas airnya, kemudian dicampur dengan kuning telur ayam kampung setengah mentah. Kedua, air buah kelapa kuning yang dipanaskan di atas bara api. Ketiga, campuran antara daun penahong dengan daun buah mahkota dewa.

Halaman
123
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help