Renungan Minggu

Saling Menolong, Wujud Kasih Kepada Kristus

alah satu budaya orang Minahasa adalah mapalus (saling membantu atau saling menolong), seperti di kebun atau sawah.

Saling Menolong, Wujud Kasih Kepada Kristus
NET
Ilustrasi 

Pdt Greity Koba-Piri STh

TRIBUNMANADO.CO.ID - Salah satu budaya orang Minahasa adalah mapalus (saling membantu atau saling menolong), seperti di kebun atau sawah. Bahkan di beberapa daerah ada mapalus pesta kawin dan juga ada pembangunan rumah tinggal. Betapa budaya mapalus perlu dicontoh.

Mungkin bagi masyarakat perkotaan budaya mapalus sudah jarang ditemui. Masing-masing sibuk dengan urusannya bahkan sikap individual melekat dalam masyarakat perkotaan.

Saudara-saudara saling membantu atau menolong ini juga yang ditunjukkan dalam perikop bacaan kita ini.

Rasul Paulus mengungkapkan bahwa hidup saling membantu atau menopang adalah sebagai perwujudan kasih kepada Kristus, begitu pula pengumpulan persembahan, itu adalah bagian yg penting dalam pelayanan.

Sebagaimana yang dilakukan kepada orang-orang percaya yang ada di Yerusalem yang mengalami kesusahan yang ditopang atau dibantu oleh orang-orang Korintus.

Titus sebagai hamba Tuhan memberi diri dalam pelayanan ini ia dengan penuh kesungguhan dan bertanggungjawab melaksanakan tugas ini, bersama dengan kedua rekannya tugas yang diberikan kepada Titus sekaligus juga keterpanggilannya bukanlah tugas yang mudah karena ia juga mengahadapi pergumulan namun semuanya bisa diatasinya.

Orang yang melaksanakan tugas ini adalah orang yang dipercaya, memiliki kehidupan moral yang benar, bersih dan baik serta memiliki kesaksian Kristen yang kuat artinya mereka mengenal Tuhan secara pribadi.

Titus adalah orang yang pantas atau cocok melaksanakan tugas itu. Ini dilakukan bukan hanya karena tradisi, bukan sekedar ikut-ikutan, bukan untuk mencari popularitas atau mempertahankan posisi. Tetapi benar-benar percaya pada Injil Yesus Kristus, mereka tekun dan bersemangat, giat dan rajin dalam tugas pelayanan ini.

Titus adalah rekan sepelayanan dari Paulus. Ketika Titus pergi ke Jemaat Korintus, jemaat sudah mengenalnya. Sikap dan perilaku yang baik dari Titus sudah diketahui oleh jemaat.
Titus dan rekan-rekannya disebut Paulus kemuliaan bagi Kristus. Artinya menjadi teladan. Dimana ketekunan, kesetiaan, kesungguhan dalam melayani Tuhan telah ditunjukkan oleh Titus dan rekan-rekannya.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help