TribunManado/

Daun Woka, Pembungkus Makanan yang Bisa Juga Jadi Dekorasi

Heboh fenoma tulisan Arab di Daun Woka di Komo Luar. Woka (livistona) adalah salah satu jenis tanaman yang banyak terdapat di Manado Sulawesi Utara.

Daun Woka, Pembungkus Makanan yang Bisa Juga Jadi Dekorasi
TRIBUNMANADO/ALEXANDER PATTYRANIE
Setelah gambar sosok mirip Yesus ada di kaleng bekas cat di Kelurahan Kleak, Senin (15/12) kemarin giliran warga Kelurahan Komo Luar yang heboh. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Heboh fenomena tulisan Arab di Daun Woka di Komo Luar. Woka (livistona) adalah salah satu jenis tanaman yang banyak terdapat di Manado Sulawesi Utara.

Tanaman ini memiliki fungsi keindahan dan kenyamanan. Jika dilihat dari fungsi keindahan, maka Woka berfungsi antara lain sebagai tanaman hias, pengarah jalan dan dekorasi. Tapi kebanyakan di Sulawesi Utara, woka erat kaitannya dengan kuliner.

Daun woka digunakan sebagai pembungkus dodol oleh sebagian besar masyarakat Sulut saat pengucapan syukur tiba. Selain itu, daun woka juga identik dengan nasi kuning. Rasa nasi kuning akan semakin nikmat jika dibungkus menggunakan daun yang mirip dengan janur ini. Tak hanya itu saja, daun woka biasanya juga digunakan untuk memasak ikan woku.Biasanya ikan woku yang memakai daun woka bisa dikukus atau di bakar. Tapi menurut warga, ikan woku yang dikukus pakai daun woka, rasanya tidak terlalu enak jika dibandingkan dengan ikan woku dibungkus woka kemudian di bakar.

Daun woka mudah dijumpai di hampir seluruh hutan Sulawesi Utara. Woka juga dijual di pasar-pasar tradisional. Harganya cukup terjangkau.

Penulis: Rine Araro
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help