TribunManado/

Pemilihan Ketua, Suwarjono dan Arfi Bambani Pimpin AJI Indonesia 2014-2017

Suwarjono - Arfi memperoleh 157 suara, sementara kandidat lainnya Abdul Manan (Tempo) - Renjani Pusposari (Forbes Asia) mendapat dukungan 83 suara.

Pemilihan Ketua, Suwarjono dan Arfi Bambani Pimpin AJI Indonesia 2014-2017
IST
Pasangan Suwarjono (suara.com) - Arfi Bambani (viva.co) menyampaikan beberapa hal usai terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekjend AJI Indonesia. 

Laporan Yoseph E Ikanubun, Ketua AJI Manado langsung dari Kongres IX AJI Indonesia di Bukittinggi, Sumatera Barat

TRIBUNMANADO.CO.ID, BUKITTINGGI - Rangkaian pelaksanaan Kongres Nasional Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia yang digelar di Grand Rocky Hotels Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis - Minggu (27 - 30/11) mencapai puncaknya dengan terpilihnya pasangan Suwarjono (suara.com) - Arfi Bambani (viva.co) sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jendral AJI Indonesia periode 2014 - 2017. Dalam voting tertutup yang digelar, Minggu (30/11) dinihari pukul 03.00 WIB, Suwarjono - Arfi memperoleh 157 suara, sementara kandidat lainnya Abdul Manan (Tempo) - Renjani Pusposari (Forbes Asia) mendapat dukungan 83 suara.

Voting tertutup pemilihan Ketua Umum dan Sekjen dimulai sekitar pukul 00.00 WIB itu sempat diulang karena kelebihan jumlah surat suara. Diketahui dari 37 AJI Kota, jumlah total suara sebanyak 245, yang dihitung berdasarkan jumlah anggota AJI Kota. Usai voting pertama, ternyata jumlah surat suara mencapai 246. Aryo Wisanggeni yang memimpin sidang akhirnya memutuskan untuk melakukan pemungutan suara ulang. Beberapa saksi dihadirkan, mereka adalah para mantan Ketua Umum AJI Indonesia seperti Ahmad Taufik, Didiek Supriyanto, Ati Nurbaeti, Nezar Patria, dan Eko Item Maryadi.

Akhirnya dalam voting kedua ini, pasangan Suwarjono - Arfi Bambani berhasil unggul dengan perolehan suara sebanyak 157, sementara Abdul Manan - Renjani Pusposari mendapat 83 suara. Terpilihnya Suwarjono - Arfi Bambani ini lantas disambut sukacita ratusan anggota AJI yang hadir di kongres itu. "Saya nyatakan terima kasih atas dukungan yang diberikan kawan-kawan. Ke depan saya bersama Arfi dan juga pengurus lainnya siap untuk memajukan AJI lebih baik lagi," ujar Suwarjono.

Menariknya, sebelum pemilihan, baik Suwarjono maupun Abdul Manan menyatakan siap membantu siapapun yang memang nanti. "Seperti saya sampaikan sebelumnya, saya siap untuk membantu kepengurusan Suwarjono dan Arfi," ujar Manan.

Selain pemilihan Ketua Umum dan Sekjen, agenda kongres juga berhasil memilih nama-nama yang akan duduk sebagai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO). Di samping itu, Kongres juga mengusulkan 13 nama yang akan dipilih oleh Ketua Umum sebagai Majelis Etik.

Sebelum pemilihan Ketua Umum dan Sekjend, forum kongres juga berhasil menetapkan revisi AD/ART dan Peraturan Organisasi, Kode Etik Jurnalistik, serta Rekomendasi dan Garis Besar Haluan Program.(*)

Ikuti berita-berita terbaru di tribunmanado.co.id yang senantiasa menyajikan secara lengkap berita-berita nasional, olah raga maupun berita-berita Manado online.

Editor: Robertus_Rimawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help