Torang Kanal

Aprilia Zelika Saja Ingin Belajar Bahasa Daerah, Kita Gimana?

Bahasa daerah perlu dilestarikan agar kita tak kehilangan identitas.

Aprilia Zelika Saja Ingin Belajar Bahasa Daerah, Kita Gimana?
FIONALOIS WATANIA/TRIBUN MANADO
Aprilia Zelika

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bahasa daerah perlu dilestarikan agar kita tak kehilangan identitas. Aprilia Zelika, lima besar Finalis Puteri Indonesia Sulawesi Utara (PPI Sulut) 2014 pun punya pandangan sama. Meskipun tidak fasih berbahasa daerah, namun dia ingin belajar untuk diteruskan ke generasi berikutnya.

"Sejak kecil saya selalu diajari bahasa daerah. Kebetulan saya dilahirkan di lingkungan yang kaya akan kebudayaan. Mama saya asal Bantik, papa asal Jawa, dan saya dibesarkan di Jayapura. Jadi ada banyak kebudayaan yang saya pelajari," katanya kepada Tribun Manado, saat ditemui di sela acara Grand Final PPI Sulut 2014 di Micon, Jumat (7/11/2014).

Gadis berumur 20 tahun ini mengaku bisa berbahasa daerah meskipun hanya beberapa kata saja. "Saya hanya tahu beberapa kata. Misalnya jika ingin mengucapkan salam "siringku sikumumaya", atau jika ingin memperkenalkan nama "adengku i Aprilia Zelika", saya bisa bahasa daerah tapi pasif," ujarnya.

Putri dari pasangan Hartoyo Oetomo dan Conny Kasiaha ini juga menambahkan bahwa dia ingin mempelajari bahasa daerah. "Saya ingin belajar bahasa daerah agar bisa diteruskan pada generasi selanjutnya," kata kelahiran Jayapura 30 April 1994 ini.

Mahasiswi semester V, Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip, Universitas Sam Ratulangi ini berharap agar pemerintah dapat kembali menyosialisasikan bahasa daerah khususnya bagi para pelajar anak SD. "Mudah-mudahan bahasa daerah diajarkan di bangku SD. Pemerintah bisa berperan demi mempertahankan budaya yang ada. Sehingga generasi muda bisa mempelajari bahasa daerah," katanya. (fionalois watania)

Baca selengkapnya di Tribun Manado edisi cetak hari ini, Sabtu (8/11/2014).

Update terus informasi terbaru di www.tribunmanado.co.id

Penulis: Fionalois Watania
Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved