Renungan Idul Adha

Mensyukuri Nikmat Allah

Saat Hari Raya Idul Adha, ada dua yang dirayakan yakni, Hari Raya Kurban yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Hari Raya Haji.

Mensyukuri Nikmat Allah
net
Ilustrasi

KH Abdul Wahab Abdul Gafur
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut

TRIBUNMANADO.CO.ID - Saat Hari Raya Idul Adha, ada dua yang dirayakan yakni, Hari Raya Kurban yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Hari Raya Haji untuk melaksanakan Rukun Islam kelima bagi yang mampu, di Makkah Al Mukkaram, sehingga istilah ini menjadi populer bagi umat Islam.

Kurban itu menyembelih seekor binatang untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam satu Riwayat Nabi bersabda, "Barang siapa yang mempunyai kelapangan rezeki tapi tidak mau berkurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat sholat kita,"(H.R Buchari Muslim).

Sehubungan dengan ibadah kurban ini, mari kita laksanakan lebih khusus bagi orang yang mampu. Sebab kurban itu adalah rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan kepada manusiaselama hidupnya.

Karena nikmat Allah SWT itu tidak dapat dihitung. Mari kita mengorbankan sedikit daripada nikmat Allah, berupa kurban untuk dibagi-bagikan dagingnya kepada orang-orang Fakir dan miskin.

Manusia hidup untuk mengadakan dua hubungan yang harmonis dan berkelanjutan, yaitu hubungan dengan Allah dan dengan manusia. Dengan terjalin dua hubungan yang baik, maka akan terjadi satu Ukhwuah persaudaraan dan kerukunan yang mantap antara sesama kita (Manusia) yang kita kenal dengan Ukhwuah Islamiah, Ukhwuah Watonia (sesama anak bangsa), dan Uhkwuah Insania (sesama umat manusia).

Diharapkan Hari Raya Idul Adha ini kepada masyarakat kaum muslimin di tanah air dan masyarakat Sulut khususnya. Mari kita lakukan beberapa hal antara lain mensyukuri atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita, mensyukuri atas kedatangan hari mulia ini, sebab itu adalah hakikat kebesaran Allah untuk mempersatukan umat.

Persatuan umat merupakan anjuran Allah SWT yang harus dilaksanakan dalam hidup dan kehidupan kita sehari-hari, dan bulatkanlah niat dalam melaksanakan haji ataupun kurban ini untuk mengharapkan ridho Allah SWT. (*)

Editor: Fransiska_Noel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved