Joan Retor Jabat Ketua Fraksi Demokrat DPRD Minahasa

Joan Retor, caleg terpilih dari Partai Demokrat, resmi dipercayakan menjabat Ketua Fraksi di DPRD Minahasa.

Joan Retor Jabat Ketua Fraksi Demokrat DPRD Minahasa
NET

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Joan Retor, caleg terpilih dari Partai Demokrat, resmi dipercayakan menjabat Ketua Fraksi di DPRD Minahasa. Hal ini setelah keluar surat keputusan dari Ketua DPC Partai Demokrat, Denny J Tombeng yang dibacakan Sekertaris DPC Partai Demokrat Minahasa, Novi Tumalun dalam paripurna di Gedung DPRD Minahasa, Rabu (7/5) lalu.
Pergantian ini langsung memicu protes dari personel F-PD. Pasalnya, Joan Retor merupakan legislator Partai Republikan, bukan Partai Demokrat. Diketahui, Joan Retor merupakan legislator Partai Republikan pada Pemilu 2009 lalu. Kemudian di Pemilu 2014 ini kembali maju dengan bendera Partai Demokrat. Bahkan, saat ini sedang dalam proses PAW yang molor karena administrasi terlambat.

Sidang sempat ricuh akibat aksi protes yang dilayangkan personel F-PD. Bahkan sampai muncul kata-kata yang mencurigai adanya selingkuh politik antara Ketua Partai Demokrat dengan Joan Retor. "Politik, selingkuh politik maksudnya," ujar Tumalun melanjutkan. Pernyataan ini pun mengundang reaksi peserta sidang dengan tertawaan dan sorakkan.

Menurut dua personel F-PD, Treesje Kaligis dan Herman Undap saat ditemui seusai sidang, pergantian posisi Ketua F-PD ini cukup memalukan partai. "Saya akan ke DPD untuk menyampaikan hal ini. Karena partai dipermalukan dalam hal pergantian Ketua Fraksi," ujar Treesje yang dibenarkan Undap.

Undap menyatakan siap mundur dari keanggotaan F-PD,  jika keputusan pergantian jabatan ketua fraksi ini tidak ditinjau kembali oleh pimpinan partai. "Ya, saya siap non fraksi kalau keadaannya seperti ini. Harusnya, tidak ada lagi pergantian struktur fraksi. Kan sudah tak lama lagi masa jabatan anggota legislatif akan berakhir," ujarnya.
Sedangkan Ketua DPC Partai Demokrat, Denny J Tombeng, SE, MBA ketika dikonfirmasi mengatakan, penunjukan jabatan sebagai Ketua Fraksi di DPRD Minahasa, dilakukan oleh Partai Demokrat Minahasa sesuai dengan hasil evaluasi pimpinan. "Sebagai Pimpinan kami tentunya bisa lakukan pergantian jabatan Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Minahasa. Dan Joan Retor kami rasa layak menjabat, itu juga dibuktikan dengan banyaknya suara yang diberikan bagi Partai Demokrat," ungkap Tombeng.

Terpisah, Joan Retor ketika dikonfirmasi mengatakan, dia siap menjalankan apa yang diamanatkan oleh Partai Demokrat sebagai Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Minahasa. "Saya pribadi sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh partai Demokrat. Tentunya, kepercayaan ini akan saya jalankan dengan penuh tanggung jawab," ujar Retor. *

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved