• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Manado

Duo Supit Calon Kuat Ketua DPRD Bitung

Senin, 14 April 2014 00:01 WITA
Duo Supit Calon Kuat Ketua DPRD Bitung
TRIBUNMANADO/WARSTEF ABISADA
Rekapitulasi suara pemilu legislatif 9 April 2014 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) I, Kelurahan Paslaten I, Kecamatan Tomohon Timur dimulai 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Jeffry Supit (PKPI), Antonius Supit (Hanura), Maurits Mantiri (PDI-P), Hengky Honandar (Demokrat) diprediksikan calon kuat ketua DPRD Kota Bitung. Dari hasil hitungan cepat, keempat calon legislatif (caleg) ini memperoleh suara terbanyak pada Pemilu 9 April 2014. 

Selain menjagokan beberapa kandidat ketua DPRD, beberapa partai politik (parpol) mulai mengklaim perolehan kursi di legislatif dari Dapil I (Kecamatan Matuari Girian dan Ranowulu), Dapil II (Kecamatan Aertembaga, Lembeh Utara dan Lembeh Selatan) dan Dapil III (Kecamatan Madidir dan Maesa).

Partai Demokrat melansir perolahan suara terbanyak yang diperoleh oleh para caleg. "Caleg Demokrat dari Dapil III untuk sementara yang paling banyak adalah Hengky Honandar dengan torehan 1.991 suara dari rekapitulasi formulir C-1 dari hampir seluruh TPS di Dapil III minus TPS XII di Kelurahan Wangurer Barat yang belum masuk dan juga belum ditambah dengan suara partai," kata Dolfie Muhaling, Media Center, Hengky Honandar, Minggu (13/4).

Dia menambahkan, jika ditambah dengan perolehan suara partai caleg nomor urut satu ini bakal meraih hasil suara sampai 2.000 lebih. Ari Laisa dan Isnaini Masloman dari tim pemenangan Antonius Supit (Hanura) Dapil III membeberkan torehan suara caleg mereka sudah mencapai jumlah 3.000.  "Ini minus suara yang hanya mencoblos Partai Nasdem," kata keduanya.

Di tempat terpisah, Darma Baginda selaku pemerhati politik Kota Bitung menilai para caleg yang meraup suara terbanyak diprediksikan bakal meraih kursi pimpinan DPRD Bitung. "Jadi prediksi saya jika melihat hasil dari para caleg yang meraih suara terbanyak saat ini, ada tiga nama masing-masing Hengky Honandar (Demokrat), Jeffry Supit (PKPI) dan Antonius Supit (Hanura) atau Maurits Mantiri (PDI-P)," tutur Baginda.

Lanjut pentolan LSM Pulau Daratan Bersatu ini jika sampai pleno akhir di tingkat KPU, suara mereka ditidak berubah dipastikan tiga dari empat nama di atas akan menjadi pimpinan DPRD Bitung yang saat ini dipegang oleh Santy Luntungan (Ketua), Maurtits Mantiri (Wakil) dan Beby Palar (Wakil). "Dalam ketentuan pemegang suara terbanyak dalam satu partai berhak menduduki kursi pimpinan DPRD Bitung, kalau terjadi perolehan suara sama sebagaimana aturan akan dilihat siapa yang terbanyak total suara setiap caleg perorangan," urainya.

Dia memprediksi untuk jumlah fraksi praktis akan mengalami perubahan dari lima fraksi (Fraksi PKPI, PDI-P, Golkar, serta gabungan Amanat Nurani Reformasi (AMR) dan Fraksi Indonesia Raya (PIR). "Jadi dari hasil prediksi saya melihat torehan jumlah suara bakal menjadi tujuh fraksi, akan terjadi penambahan fraksi Demokrat, Gerindra, dan Nasdem," tandasnya. *

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Lodie_Tombeg
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
809124 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas