• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribun Manado

Warga Paret Minta Pemkab Mitra Bangun Infrastruktur

Jumat, 7 Februari 2014 23:33 WITA
Warga Paret Minta Pemkab Mitra Bangun Infrastruktur
DOK TRIBUNMANADO
Bupati Boltim Sehan Landjar (kiri) saat menemani Menkokesra.

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN -Warga Desa Paret, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) membangun jalan di desa.

Warga Desa Paret, Arsad Modeong berharap tahun ini Pemkab mewujudkan janji untuk dapat membangun dan melakukan pengaspalan jalan dan lorong di desa. "Terakhir di aspal pada 2010, sekarang sudah rusak," kata Arsad, Jumat (7/2).

Pasalnya, pengaspalan yang dilakukan tiga tahun silam hanya menggunakan aspal yang dengan kualitas rendah, yakni aspal lapisan penetrasi makadam (Lapen) atau aspal halua sehingga jalan cepat rusak. "Sekarang sudah bebatuan, seperti jalan di sungai kering, kami berharap sesuai janji pemerintah akan dibangun tahun ini akan terwujud," tuturnya.

Sebab hampir setiap tahun peningkatan jalan tersebut dijanjikan untuk diperbaiki, namuan tak kunjung dilakukan. Padahal terdapat lebih dari 200 kepala keluarga (KK) yang berada di daerah tersebut. "Setiap tahun dijanjikan akan diperbaiki, namun belum terealisasi, kami berharap terwujud tahun ini. Kami minta jalan hotmix," tegasnya.

Dia merasa iri dengan desa lain yang berdekatan dengan desanya yang sudah memiliki jalan dengan aspal hotmix. Seharusnya sebagai desa yang berada diseputaran Ibukota, jalannya diprioritaskan. "Kami perlu perbaikan drainase dan jalan desa sekitar 1,5 kilometer," ungkapnya.

Selain masalah jalan, Arsad juga meminta pemda segera memperbaiki tanggul penahan banjir disungai Lobong yang membatasi Desanya dan Desa Kayumoyondi. "Sejak banjir, pada 2006 silam wilayah tersebut selalu dilanda banjir," katanya.

Sehingga lokasi persawahaan seluar 47 hektar didesanya tak berfungsi lagi. Masyarakat kuatir menaman, sebab jika hujan tiba akan tersapu banjir. "Sudah tidak bisa ditanami persawahan di situ sebab air yang datang sudah tak teratur," ungkapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Minderd Mawu menuturkan pemda dipastikan akan melakukan peningkatan jalan Desa Paret tahun ini. "Anggarannya Rp 2,5 Miliar, tinggal menunggu gambar akan segera dilelang bulan ini," terang Minderd.

Tak hanya itu, pemda juga menyediakan dana dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Boltim 2014 senilai Rp 1,2 miliar untuk membangun tanggul penahan banjir. *

Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Lodie_Tombeg
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
679563 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas