Senin, 22 Desember 2014
Tribun Manado

KPU Harus Jelaskan Penetapan Daftar Pemilih Tetap

Senin, 4 November 2013 10:40 WITA

KPU Harus Jelaskan Penetapan Daftar Pemilih Tetap
KPU

TRIBUNMANADO.CO.ID-Komisi Pemilihan Umum harus menjelaskan alasan penetapan daftar pemilih tetap atau DPT nasional pada Senin (4/11/2013), kendati masih adanya data pemilih bermasalah. Terakhir, ada 10.4 juta pemilih yang belum memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan).

"KPU harus menjelaskan datanya seperti apa dan jangan malu-malu lagi.di belakang KPU tegas dengan Kemendagri tapi di depan publik malu. Ini bukan persoalan KPU dan Kemendagri tapi persoalan bangsa," ujar Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi), Jeirry Sumampow di Cisarua, Bogor, Senin (4/11/2013).

Menurut Jeirry, kalau pun pengumuman tetap dilakukan hari ini di tengah masih adanya data bermasalah, KPU harus memberikan kepastian soal daftar pemilih yang bermasalah seperti 10.4 juta tak ber-NIK akan selesai. Ia mengusulkan lebih baik ditunda kalau data tidak betul-betul bersih.

"Di sini KPU harus menjelaskan letak persoalannya sedetil-detilnya. Soalnya, bagaimana KPU menjelaskan kalau data tidak sempurna. Tapi publik dan partai politik ingin jaminan kalau data tidak membuka ruang manipulasi," tambahnya.

Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribunnews

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas