Lakukan Ini agar Terhindar dari Kanker Payudara

sebagai wanita Anda harus rutin melakukan gerakan SADAR, yang bermanfaat untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini.

Lakukan Ini agar Terhindar dari Kanker Payudara
SHUTTERSTOCK

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kanker payudara adalah penyakit mematikan yang telah merengut banyak jiwa wanita. Bila dahulu sejarah kesehatan keluarga menjadi tertuduh ancaman kanker payudara, kini lifestyle-lah yang boleh dikecam sebagai pemicu aneka penyakit mematikan.

Untuk itu, sebagai wanita Anda harus rutin melakukan gerakan SADAR, yang bermanfaat untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Caranya adalah dengan meraba bagian payudara dan menemukan benjolan aneh di sana. Apabila Anda menemukan, maka tak perlu panik dan pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Namun bila Anda tidak menemukan benjolan tersebut, Anda tetap harus berhati-hati serta melakukan beberapa hal ini agar terjauh dari ancaman kanker payudara.

30 Menit setiap hari

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk mengurangi resiko serangan penyakit kanker. Anda juga disarankan untuk menjaga berat badan, karena umumnya kanker diidap oleh mereka yang berlebihan berat badannya.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan program diet Anda. Pilih diet yang sehat dan lebih mengutamakan kesehatan daripada kecantikan semata.

3/4 sayuran, 1/4 protein

Saat mengonsumsi makanan setiap hari, ikuti panduan makan 3/4 sayuran atau buah-buahan dan 1/4 protein saja. Menurut Stanford Cancer Institute, seperti dikutip dari care2.com, mereka yang gemar mengonsumsi sayuran dan buah-buahan akan membantu melindungi dan mencegah perkembangan sel kanker.

Kukus atau rebus

Antioksidan di dalam sayuran, nilainya jauh lebih tinggi bila dikukus atau direbus. Antioksidan ini akan berfungsi untuk membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker payudara.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Robertus_Rimawan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help