Minggu, 29 Maret 2015

Proses Pemulihan Sesudah Melahirkan

Kamis, 19 September 2013 14:26 WITA

Proses Pemulihan Sesudah Melahirkan
SHUTTERSTOCK

TRIBUNMANADO.CO.ID - Melahirkan adalah sebuah proses besar bagi seorang wanita. Dibutuhkan berbagai daya dan upaya untuk melalui proses tersebut, tenaga, pikiran, psikologis, uang bahkan keberanian dan ketulusan. Namun biasanya pengorbanan tersebut akan terbayar tatkala proses melahirkan berjalan dengan lancar dan dengan hadirnya si mungil yang sehat. Rasa bahagia menyeruak tatkala setelah perjuangan yang melelahkan, kini hadir dalam dekapan ibu seorang bayi, harapan keluarga. Seolah-olah perjuangan ibu selama 9 bulan mengandung hingga melahirkan telah selesai sudah.

Memang betul, waktu-waktu perjuangan yang berat telah dilalui, namun jangan lupa setelah melahirkan diperlukan lagi perjuangan tahap kedua, yaitu memulihkan kondisi tubuh ke sebelum hamil.

Setelah melahirkan bukan berarti kita bebas beraktivitas seperti sebelum hamil. Kita mungkin akan mengalami berbagai hal yang kurang nyaman. Rasa sakit masih berlanjut, badan terasa pegal, baby blues syndrome dan hal lainnya yang membuat seorang wanita merasa kurang nyaman dan ini harus segera diatasi. Tapi jangan khawatir, ada berbagai cara agar proses pemulihan dapat berlangsung cepat dan mudah, yaitu:

1. Jangan membawa beban berat.
Kondisi ibu masih begitu lemah, belum pulih dan rasa nyeri pascamelahirkan masih terasa. Setelah 1 bulan kondisi ibu akan membaik jika dibarengi dengan istirahat dan makan yang baik.

2. Hadapi masa nipas dengan tenang dan nyaman.
Masa nipas adalah masa setelah melahirkan 6 minggu. Tetapi ibu akan pulih sempurna seperti sebelum hamil setelah 3 bulan. Untuk memulihkan kondisi fisik dan psikis hingga keadaan normal, harus dibarengi makanan yang bergizi, olahraga dan istirahat yang cukup.

3. Jangan berhubungan suami istri terlebih dahulu.
Tubuh kita perlu waktu untuk pulih, begitu pula organ intim. Tunggulah dulu 4-6 minggu pascamelahirkan.

4. Banyak bergerak setelah memungkinkan.
Lakukan secara bertahap dan ini akan membantu mempercepat proses pemulihan.

Halaman123
Editor: Robertus_Rimawan
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas