• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Manado

Sidi Jemaat GMIM Berhak Memilih dan Dipilih

Kamis, 29 Agustus 2013 11:18 WITA
Sidi Jemaat GMIM Berhak Memilih dan Dipilih
istimewa
Kantor Sinode GMIM di Tomohon

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Tahapan pemilihan pelayan khusus (Pelsus) GMIM di semua aras memasuki tahap Katekisasi. Hal ini diutarakan Pdt Masye Lapian Sumual STh, Sekertaris Departemen Pengembalaan Sinode GMIM kepada Tribun Manado, Rabu (28/8).

Pendeta Masye mengatakan, kegiatan Katekisasi ini akan berlangsung hingga September 2013. Materi di Katekisasi adalah 'Memilih Pelayan Khusus' dan 'Siapakah Pelayan dan Pelayan Khusus'. "Semua diajarkan teologi," katanya.
Dengan materi ini Masye berharap agar pelayan khusus menyadari bahwa tugas mereka berasal dari Roh Kudus. "Bukan hanya karena tradisi tapi karena Firman Tuhan," ujarnya.

Mengenai siapa yang akan memilih dan dipilih, Masye menyebut semua jemaat yang sudah di sidi. Baginya ini sesuai dengan Alkitab dan juklak yang dikeluarkan oleh Sinode.

"Dengan katekisasi ini diharapkan mereka semua bisa mengetahui siapa itu pelayan dan siapa pelayan khusus. Semua orang percaya itu pelayan. Sedangkan pelayan khusus ialah mereka yang secara khusus dipakai Tuhan," ujarnya.

Masye menambahkan, saat ini Sinode GMIM juga membuka konsultasi soal tata cara pemilihan. Ia juga sering mendapatkan pertanyaan dan ia membuka informasi itu.
"Misalnya untuk pemilih dan yang dipilih, harus berdomisili di kolom yang bersangkutan," katanya.

Masye meminta sedapat mungkin jemaat menghindari konflik. "Banyak konflik terjadi apalagi menyangkut pemetaan," katanya.

Dia menjelaskan, puncak tahapan pemilihan penatua dan syamas akan dilakukan bulan Oktober 2012. Selanjutnya pemilihan komisi pelayanan kategorial jemaat.
"Kalau boleh jemaat bisa memahami dengan benar apa yang sudah disepakati. Walau memang beberapa jemaat baru melaksanakan Katekisasi karena buku panduan baru keluar, "ujarnya.

Satu di antara jemaat yang telah menggelar Katekisasi bakal calon pelayan khusus yakni, Jemaat GMIM Yerusalem Kalawat.

Jemaat GMIM Yerusalem Kalawat segera melaksanakan katekisasi bakal calon pelayan khusus.

Leonardus, Penatua di jemaat ini menyatakan, sesuai agenda, katekisasi itu berlangsung pada Agustus hingga September. Karena itu, pihaknya akan menggelarnya bulan September. Katekisasi ini akan diikuti seluruh jemaat yang sudah di sidi. Khusus di Jemaat Yerusalem akan dilakukan di setiap kolom. Dengan pemberi materi pendeta dan Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ).

Panitia pemilihan Pelsus di GMIM Paulus Titiwungen Wenang Mahakeret (TWM), Michael Tumiwang STeol mengatakan, saat ini sudah ada Katekisasi Calon Pelsus di tiap-tiap kolom. "Tim sudah jalan," katanya.

Katekisasi bertujuan untuk menyampaikan kepada kandidat mengenai aturan menjadi pelsus. "Kami ada 44 kolom jadi ada banyak pelsus yang akan dipilih pada Oktober mendatang," pungkasnya.

Sedangkan pemilihan Pelsus pemuda di setiap jemaat memasuki tahap persyaratan yang telah ditetapkan  panitia. Hal ini diutarakan Pnt Billy Lombok, Ketua Pemuda Sinode GMIM, Rabu (28/8). Diutarakannya syarat tersebut berlaku bagi semua kandidat yang akan maju dalam pemilihan pelsus kategorial pemuda terutama di Kota Manado.

"Syaratnya misal setiap kandidat harus ada sertifikat Latihan Kader Pemuda Gereja (LKPG). Kemudian bukan seorang pemabuk itu beberapa syarat," tukasnya.

Sementera itu, Kapolres Tomohon AKBP Marlien Tawas menyatakan, pihaknya siap mengamankan Sidang Sinode. Meski sesuai keputusan Sinode GMIM nantinya sidang Sinode akan berlangsung 24 hingga 28 Maret 2014. " Padahal saat itu ada kampanye legislatif  yaitu tanggal 23-29," ujarnya.

Marlien mengatakan, pihaknya telah membuat pola pengamanan dengan bantuan dana dari APBN guna menunjang hajatan nasional dan Sidang Sinode. "Sandi operasi yaitu, mantabrata 2014," katanya.

Kabag Ops Polresta Tomohon, AKP Alkad Karouw mengatakan, mereka sudah siap mengamankan Sidang Sinode yang nanti akan dilaksanakan di Aula Bukit Inspirasi. " Hingga pengamanan calon ketua kami sudah siap," ujarnya.(dma/dru/art)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Aswin_Lumintang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
432054 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas