• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Manado

Nasir Minta Pertambangan di Tanoyan Dipertahankan

Senin, 26 Agustus 2013 19:44 WITA
Nasir Minta Pertambangan di Tanoyan Dipertahankan
IST
Ilustrasi pertambangan. 

Laporan wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Penambang tradisional Desa Tanoyan Selatan mengharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow (Bolmong) mempertahankan areal tambang di desa yang berada di Kecamatan Lolayan itu. Mayoritas warga Desa Tanoyan Selatan menggantungkan hidup dengan menambang emas.

"Kami mengharapkan pemda mempertahankan areal tambang tersebut karena tempat tersebut menjadi tempat mata pencaharian masyarakat. Butuh kebijakan Pemda Bolmong untuk mempertahankan lokasi pertambangan di sana untuk masyarakat," ujar Abdul Nasir Ganggaim Aktivis Pemuda Hulu Ongkag melalui rilis, Senin (26/8/2013).

Dikatakan, masyarakat sudah mengelola pertambangan emas di Desa Tanoyan Selatan sejak tahun 1990-an. Menurutnya, data yang dimiliki Pemuda Hulu Ongkag 90 persen warga di desa tersebut menggantungkan hidup di pertambangan. "Tambang telah memberikan manfaat bagi masyarakat dibanding sektor pertanian," ujar Nasir.

Dikatakan, para penambang di Desa Tanoyan Selatan sudah bergabung dengan koperasi pertambangan yang dinamakan KUD Perintis. Koperasi ini juga berusaha agar pertambangan mengikuti standar aturan yang diterapkan oleh pemerintah, termasuk perpanjangan izin dan pengurusan analisis mengenai dampak lingkungannya (Amdal).

"Kami mengharapkan pemda melihat aspek kepentingan masyarakat setempat. Warga di desa kami mendapatkan manfaat. Semua perizinan dan hal lainnya memang sudah kami lakukan," kata dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bolaang Mongondow (Bolmong) Yudha Rantung memastikan Pemda Bolmong dalam hal ini BLH akan berpatokan kepada aturan. "Kalau memang melanggar aturan, ya, cabut izinnya. Kegiatan tersebut harus memenuhi aturan," kata dia.

Penulis: Edi_Sukasah
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
428753 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas