• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribun Manado

Wartawan Bantul Anugerahi Udin Pahlawan Pers

Sabtu, 17 Agustus 2013 19:24 WITA
Wartawan Bantul Anugerahi Udin Pahlawan Pers
istimewa
Logo simbol perjuangan ungkap kasus terbunuhnya wartawan Fuad Muhammad Safruddin (Udin)

TRIBUNMANADO.CO.ID, BANTUL - Sudah 17 tahun kasus terbunuhnya Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin belum terungkap. Wartawan Harian Bernas itu tewas dianiaya orang diduga karena berita-berita yang ditulisnya.

Puluhan wartawan, Sabtu (17/8/2013), berziarah ke makam Udin di Trirenggo Kidul, Bantul. Mereka mengukuhkan Udin sebagai Pahlawan Pers.

"Dengan ini kami mengukuhkan wartawan Fuad Muhammad Syafruddin atau Udin sebagai pahlawan pers," tegas H. Judiman perwakilan wartawan Bantul saat upacara di halaman makam.

Puluhan wartawan yang hadir dalam acara itu dengan serentak menyetujuinya. Mereka pun sempat meneriakkan 'Hidup Udin!'

"Saya termasuk salah satu rekan almarhum Udin saat bertugas meliput di Bantul dulu. Dia adalah wartawan yang kritis," kata H. Judiman wartawan Harian Kedaulatan Rakyat (KR).

Saat acara berlangsung hadir pula keluarga Udin dan istri Udin, Ny Marsiyem serta beberapa perwakilan elemen masyarakat Yogyakarta.

Seusai upacara, perwakilan wartawan kemjudian memberikan bendera merah putih sebagai lambang pengukuhan Udin sebagai pahlawan pers. Marsiyem dan keluarganya berharap kasus Udin bisa terungkap. Saat ini sudah 17 tahun lamanya kasus itu belum terungkap pelaku dan dalang utama pembunuhan itu.

"Saya hanya bisa mengucap terima kasih atas penghormatan ini," kata Marsiyem.

Perlu diketahui Udin terbunuh di rumahnya di Jl Parangtritis Desa Patalan, Kecamatan Jetis Bantul pada tanggal 13 Agustus 1996 malam hari. Udin dianiaya orang tak dikenal dengan dipukul menggunakan benda mengenai kepala.

Udin kemudian dirawat di RS Bethesda Yogyakarta hingga meninggal pada tanggal 16 Agustus 1996 sore. jenazah Udin baru dimakamkan pada tanggal 17 Agustus 1996 di makam Dusun Trirenggo Kidul. Sampai saat ini kasus Udin belum terungkap dan tahun depan 2014 kasus Udin akan kadaluwarsa.(dtc)

Editor: Aswin_Lumintang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
418003 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas